Lingkar Pos
Adventorial

Pemkab Aceh Utara Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD 2024

Lhoksukon – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar kegiatan forum konsultasi publik dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024. Kegiatan itu berlangsung di aula Kantor Bupati Aceh Utara di Landing Kecamatan Lhoksukon, Kamis, 19 Januari 2023. 

Turut hadir Sekdakab Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, Wakil Ketua II DPRK Khairuddin, ST, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala SKPK, para pimpinan Lembaga Keistimewaan Aceh, para Ketua Komisi DPRK, para pimpinan Perbankan, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan instansi vertikal, para ketua organisasi pengusaha, Ormas, OKP dan LSM, Ketua Forum Imum Mukim dan Forum Geusyik.  

Atas nama Penjabat Bupati Aceh Utara, forum itu dibuka oleh Sekda Dr A Murtala, MSi. “Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala BAPPEDA Kabupaten Aceh Utara beserta jajarannya, khususnya Panitia Pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Aceh Utara Tahun 2024,” kata Murtala.

Forum ini, kata dia, merupakan forum antar para pelaku pembangunan, yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam rangka penyusunan RKPD Aceh Utara. Konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan dokumen RKPD sebelum dilaksanakannya Musrenbang RKPD di Kecamatan.

Disebutkan, pelaksanaan forum konsultasi publik merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. RKPD Tahun 2024 mengacu pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026 yang telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 13 Tahun 2022. “Selain berpedoman kepada RPD, untuk mensinkronkan rencana pembangunan daerah dengan pemerintah provinsi dan nasional, maka mengacu juga kepada Rancangan RKPA dan RKP Tahun 2024,” sebut Murtala.

Ditambahkan, bahwa pada tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu dan Pilkada serentak yang membutuhkan anggaran yang sangat besar. Sementara di Aceh Utara masih memiliki permasalahan pembangunan lainnya seperti angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrim yang masih tinggi, penanganan banjir yang belum optimal, angka stunting masih tinggi dan infrastruktur dasar masih banyak dalam keadaan rusak.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkab Aceh Utara sangat mengharapkan masukan dan saran dari peserta forum untuk berkontribusi terhadap penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2024 ini. Terutama untuk merumuskan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024. 

“Selanjutnya hasil forum konsultasi publik ini akan dituangkan dalam suatu berita acara yang menjadi dasar bagi pemerintah daerah dalam menyempurnakan rancangan awal RKPD tahun 2024 bersama Perangkat Daerah dengan memperhatikan Renja Perangkat Daerah.”

“Atas nama Pemerintah Daerah kami mengucapkan terima kasih atas semua masukan dan aspirasi yang akan disampaikan pada forum yang berbahagia ini, dengan harapan penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Utara Tahun 2024 dapat ditetapkan tepat waktu,” kata Murtala. (ADV)

Related posts

DPM-PPKB Aceh Utara Optimis Stunting Dapat Diatasi

Redaksi

Wapres Serahkan Dana Insentif Fiskal Kepada Pj Bupati Aceh Utara

Redaksi

Buka Konferensi PWI Aceh Utara – Lhokseumawe, Begini Harapan Pj Bupati Aceh Utara

Redaksi

Leave a Comment