Lingkar Pos
Pemerintahan

Pj Walikota Lhokseumawe Ajak ASN Gerakan Jumat Bersih

ASN Pemko Lhokseumawe bersama partisipasi masyarakat membersihkan perkarangan Masjid

Lhokseumawe – Pj Walikota Lhokseumawe mengerahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan Gerakan Jum’at Bersih bersama partisipasi masyarakat dalam memupuk kepedulian lingkungan agar tetap bersih dan asri.

Salah satunya adalah Gerakan masyarakat bersih masjid (GERMAS BM). Program  ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan dan  suasana masjid yang bersih, indah dan nyaman. 

Hal ini sejalan dengan program Pj. Walikota Lhokseumawe untuk mewujudkan Lhokseumawe sebagai Kota Beriman dan Kreatif. 

Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe M. Amin, SE mengatakan, Adapun yang menjadi sasaran dari kegiatan bersih masjid ini adalah, halaman masjid yang bersih indah dan nyaman dengan lingkungan yang hijau, tempat bersuci (toilet) yang bersih untuk menghindari kesan aroma yang tidak menyenangkan bagi jamaah serta tempat wudhu yang bersih dan tidak tergenang air di areal tempat wudhu yang dapat tumbuh dan berkembangnya jentik nyamuk yang mengakibatkan gangguan kesehatan bagi para jama’ah.

“Dengan demikian akan meningkatkan kenyamanan dan kekhusukan para jamaah dalam beribadah” hal tersebut disampaikan Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe M. Amin, SE di sela-sela kegiatan tersebut. 

Selain itu, tambah M. Amin, SE kebersihan  pelataran parkir hingga selokan yang ada  di sekitar masjid juga menjadi target dalam gerakan mesjid ini  Kegiatan Gerakan Masyarakat Bersih Masjid (GERMAS BM) akan terus digalakkan dan menjadi suatu kebiasaan warga (jama’ah) dan Pengurus Masjid untuk senantiasa mencintai kebersihan dan keindahan lingkungan masjid. Selanjutnya untuk membangkitkan semangat warga/jama’ah dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM)  cinta akan kebersihan lingkungan masjid. Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah merencanakan mengadakan penilaian masjid terbersih dengan memberikan penghargaan khusus kepada Masjid yang mendapatkan nilai terbaik dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Lhokseumawe mengajak semua pihak  untuk semakin sadar dan peduli dengan kebersihan lingkungan serta persoalan sampah. Untuk diketahui Khusus untuk Gerakan Jum’at bersih  yang dilaksanakan pada 20/1/2023 yang  menjadi lokasi pembersihan adalah  masjid  yang  ada di Kecamatan Banda sakti. Ke – 5 masjid tersebut antara lain adalah masjid Agung Islamic Centre, Baiturrahman, Al Falah Keude Aceh, Syuhada Mon Geudong  dan Jamik Lancang Garam. 

Lebih lanjut, M. Amin mengungkapkan bahwa Kegiatan ini diharapkan dapat membantu fungsi petugas kebersihan agar lingkungan kerja  dan area masjid di wilayah  Kota Lhokseumawe kami  minta terus dijaga dan dipelihara sehingga pelayanan  kepada masyarakat senantiasa terlihat bersih dan indah. 

“Dengan kita peduli sampah, kita akan menjaga alam, menjaga lingkungan, semua tergantung pada diri kita masing-masing. Maka dari itu, mari kita sama-sama menjaga kebersihan utamanya di lingkungan  masjid” Tutupnya. (*)

 

Related posts

Menghapuskan Kemiskinan Ekstrim di Aceh Utara, Kemenkeu Berikan DIF 11,4 Miliar

Redaksi

Dinkes Lhokseumawe Distribusikan Obat-Obatan ke 7 Puskesmas

Redaksi

Tuan Rumah PORA 2026, Aceh Jaya Matangkan Persiapan

Redaksi

Leave a Comment