Lingkar Pos
Adventorial

MSCT 64 Slices untuk Deteksi Penyakit Tersedia di RSU Cut Meutia

Foto: Alat MSCT 64 Slices di RSU Cut Meutia

Aceh Utara – RSU Cut Meutia Aceh Utara telah mengambil langkah besar dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memperkenalkan alat kesehatan canggih, MSCT 64 slices Siemens Somato 60 All.

Pengoperasian alat ini telah dimulai setelah Pj Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar MSi, secara resmi meluncurkannya pada 1 Agustus 2023, lalu, dengan menggunting pita di RSU setempat. Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat lainnya.

Dr. Mahyuzar menyampaikan apresiasi atas prestasi rumah sakit Cut Meutia dalam menjaga kualitas dan meningkatkan pelayanan, yang tercermin dari perolehan akreditasi Bintang Lima, Paripurna, untuk kedua kalinya.

Menurutnya, kehadiran alat ini menjadi suatu kemajuan besar dalam sektor kesehatan di Kabupaten Aceh Utara dan membawa manfaat besar bagi masyarakat Aceh Utara serta Aceh pada umumnya.

Plt. Direktur RSU Cut Meutia, Zulfitri, M.Kes, menjelaskan bahwa MSCT 64 slices Siemens Somato 60 All memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan mampu memperlihatkan semua organ tubuh manusia dalam tiga dimensi.

Diharapkan dengan hadirnya kedua alat ini, para dokter spesialis dan subspesialis dapat menegakkan diagnosa dengan lebih cepat dan akurat, serta memudahkan proses pengobatan dan perawatan di RSU Cut Meutia.

Langkah ini sejalan dengan fokus RSU Cut Meutia dalam menjaga kualitas pelayanan kesehatan, melalui peningkatan kualitas pemberi layanan kesehatan, pelatihan-pelatihan, dan penggunaan alat-alat kesehatan yang canggih.

“Salah satu keunggulan utama MSCT 64 Slices adalah kemampuannya untuk memperlihatkan semua organ tubuh dengan baik dalam 3D, termasuk organ yang bergerak seperti jantung dan pembuluh darah dengan cepat, sehingga pasien tidak perlu lama menunggu,” papar Zulfitri.

Tidak hanya itu, alat ini dilengkapi dengan software khusus yang meningkatkan ketelitian dan akurasi diagnostik, serta memungkinkan pemeriksaan tanpa menimbulkan rasa sakit bagi pasien.

Menurutnya, penggunaan MSCT 64 Slices di rumah sakit Cut Meutia telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendeteksi berbagai kondisi kesehatan. Mesin ini memiliki beberapa keunggulan yang penting dalam diagnosis berbagai penyakit dan kelainan tubuh.

“Kegunaan utama MSCT 64 Slices adalah dalam mendeteksi perkapuran pembuluh darah jantung dan gangguan pembuluh darah koroner. Dengan resolusi yang tinggi, MSCT mampu memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi pembuluh darah, memungkinkan dokter untuk menentukan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat,” ungkap Dirut.

Lanjutnya, MSCT juga efektif dalam mendeteksi kelainan pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah paru-paru, otak, dan kaki. Kemampuannya yang luas membuatnya menjadi alat yang sangat berharga dalam menangani berbagai kondisi vaskular.

Tidak hanya itu, MSCT juga dapat digunakan untuk mendeteksi kelainan dalam usus besar tanpa memasukkan alat ke dalam usus besar, yang merupakan alternatif non-invasif yang penting dalam diagnosis penyakit usus besar.

“MSCT banyak sekali kegunaannya, alat ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengevaluasi tumor/nodul di berbagai organ, melihat kelainan pada tulang pendengaran, mendeteksi adanya pendarahan atau sumbatan di otak, serta melihat kelainan pada tulang dalam gambaran 3D.”

Penggunaan MSCT juga memiliki manfaat tambahan dalam mendeteksi adanya fistula yang sulit dideteksi dengan pemeriksaan konvensional. Dengan kemampuannya yang luas dan resolusi yang tinggi, MSCT menjadi salah satu alat diagnostik terkemuka dalam bidang kedokteran modern saat ini, ungkap Dirut.

Kehadiran MSCT 64 Slices di RSU Cut Meutia memberikan manfaat besar dalam mendukung diagnosis dini, penanganan penyakit, dan perencanaan perawatan yang lebih efektif bagi pasien.[ADV]

Related posts

Sekda Aceh Utara Buka Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi PAUD/TK

Redaksi

Sambut Kajari Baru, Pemkab Aceh Utara Lakukan Peusijuek

Redaksi

Menhub RI Ke Aceh Utara, Sekda: Menhub Tinjau Lanjutan Pembangunan Jalur Kereta Api

Redaksi

Leave a Comment