Lingkar Pos
PemerintahanPendidikan

Pj Wali Kota Lhokseumawe Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan untuk Kemandirian Pangan

Foto: Pj Walikota, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd

Lhokseumawe | lingkarpos – Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd mengajak masyarakat Kota Lhokseumawe untuk aktif memanfaatkan lahan yang mereka miliki dalam upaya mencapai kemandirian pangan. Hal ini disampaikan saat melakukan panen cabai di Gampong Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Selasa (24/10/2023).

 

Dalam acara panen cabai yang didampingi oleh Penjabat (Pj) TP – PKK Kota Lhokseumawe, Ny. Rosnelly, Imran menyampaikan pentingnya pemanfaatan lahan untuk budidaya tanaman pangan sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekaligus mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar.

 

“Kemandirian pangan adalah hal yang sangat penting, terutama dalam situasi saat ini. Kita harus berusaha memaksimalkan lahan yang kita miliki untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan, seperti cabai, sayuran, dan tanaman lainnya. Dengan demikian, kita dapat menghasilkan makanan berkualitas dan terjamin ketersediaannya.” Ujar Imran.

 

Mengapresiasi hasil yang luar biasa dari panen cabai yang digerakkan oleh Kelompok Tani Berkarya Tani, yang mendapat bimbingan dari Penyuluh Pertanian Pemko Lhokseumawe, Imran berharap keberhasilan ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain.

 

”Ini lahannya cuma 1000 meter, tapi hasilnya sangat luar biasa. Saya harap dengan contoh baik seperti ini bisa ditiru oleh wilayah-wilayah, gampong-gampong, kelompok tani dan rumah tangga yang lain. Kalau ini bisa dilakukan, tentu bisa mencukupi kebutuhan permintaan di Kota Lhokseumawe” tambah Imran. 

 

Imran juga menegaskan, Pemerintah Kota Lhokseumawe sangat berkomitmen dalam mendukung upaya kemandirian pangan. Melalui Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Pangan, pemerintah terus mendampingi kelompok-kelompok tani melalui berbagai pelatihan dan pendampingan dalam meningkatkan produktivitas dan hasil pertanian.

 

“Saya percaya bahwa dengan bimbingan dan pelatihan yang berkelanjutan, masyarakat dapat mencapai kemandirian pangan dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.” Tutup Imran. []

Related posts

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya Komitmen Tingkatkan Nilai MCP Tahun 2024

Redaksi

Pj Bupati Bener Meriah Distribusikan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Redaksi

Pj Bupati Aceh Utara Serahkan Santunan Kematian dan Beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi

Leave a Comment