Lingkar Pos
EkonomiNasionalPemerintahan

Azwardi Bersama Forkopimda Aceh Utara Panen Padi

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, bersama pejabat Forkopimda melakukan panen raya bersama petani Kecamatan Paya Bakong, Rabu, 15 Februari 2023.

Kegiatan panen raya ini dilakukan di tengah gejolak harga beras dan tekanan inflasi, diharapkan mampu menstabilkan harga beras di pasar.

“Hasil panen gabah di tengah inflasi, diharapkan mampu menstabilkan harga beras di pasar,” ungkap Azwardi.

Panen raya itu meliputi sekitar 140 hektare sawah di Gampong Leuhong Kecamatan Paya Bakong. Setiap hektare sawah rata-rata mampu menghasilkan 5,7 sampai dengan 6 ton gabah. Pemkab Aceh Utara mengharapkan, panen akan mampu menstabilkan harga beras yang sedang tinggi.

“Mudah-mudahan dengan panen ini, harga beras akan menjadi stabil,” sebut Penjabat Bupati Azwardi di sela-sela menghadiri kegiatan panen raya tersebut.

Panen perdana musim tanam rendengan di Paya Bakong juga ikut dihadiri Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera, SIK, Kajari Aceh Utara Dr Diah Ayu HL Akbari, SH, dan unsur Forkopimda lainnya.

Selain itu juga hadir Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Muslim Araly, SSos, Kadis Pertanian dan Pangan Aceh Utara Erwandi, SP, MSi, Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe, dan Kepala perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe.

Azwardi menjelaskan, Forkopimda Aceh Utara komit menjaga harga kebutuhan pokok di tengah kondisi Inflasi. Salah satunya, menjaga harga beras masyarakat tetap stabil. Masuknya musim panen sejumlah kecamatan di Aceh Utara, termasuk Paya Bakong, dipastikan akan membantu menjaga kestabilan harga beras di pasaran. “Supply dan demand (beras) sudah terjaga, pasti harga stabil,” tegasnya kembali.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Erwandi, mengatakan panen padi musim tanam rendengan sudah dimulai sejak Januari 2023. Selama Januari, sawah yang berhasil panen sekitar 4.000 hektare. Sampai pertengahan Februari luas sawah yang berhasil panen sekitar 3.400 hektare. Sedangkan luas sawah panen di Kecamatan Paya Bakong, sejumlah 900 hektare.

“Sawah di Kecamatan Tanah Luas, Matangkuli, Syamtalira Aron, Syamtalira Bayu, Samudera dan Nibong juga akan segara panen,” tambah Erwandi.

Panen gabah tahun ini, selain dapat membantu kestabilan harga beras di pasaran, juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat. (*)

 

Related posts

Menghapuskan Kemiskinan Ekstrim di Aceh Utara, Kemenkeu Berikan DIF 11,4 Miliar

Redaksi

Pj Bupati Aceh Jaya Gagas dan Resmikan KPN KOPSEMA JAYA

Redaksi

Pj Bupati Aceh Utara Lantik 56 Pejabat Eselon III dan IV, Harapkan Kolaborasi yang Kuat dan Jaga Kekompakan

Redaksi

Leave a Comment