Lingkar Pos
Pendidikan

Mahasiswa KKN PPM Kelompok 61 Unimal Bersama Warga Mentradisikan Duek Pakat

Mahasiswa KKN PPM Kelompok 61 Unimal Bersama Warga Mentradisikan Duek Pakat

Lhoksukon – Duek pakat menjadi tradisi yang ratusan tahun mentradisi di tengah-tengah masyarakat Aceh. Hal ini dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM kelompok 61 Universitas Malikussaleh (Unimal) yang dilakukan bersama masyarakat di gampong Nibong, Kecamatan Syamtalira Bayu.

Duek Pakat dipertahankan secara turun temurun dan sudah dipandang sebagai bagian khas ureueng Aceh. Sebuah tradisi yang memang tidak jauh beda dengan model musyawarah pada umumnya dilakukan masyarakat nusantara lainnya. MingguMinggu (6/11/2022)

Mahasiswa dituntut untuk melakukan KKN hadir di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral.

Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa atau gampong.

ketua kelompok 61 KKN PPM, Muhammad Rizki Ramadhan, kegiatan duek pakat merupakan adat Aceh guna mempererat persaudaraan. “Kegiatan Duek Pakat adalah adat istiadat orang Aceh yang sudah lama dilaksanakan, duek pakat biasanya dilaksanakan ketika salah satu penduduk desa ingin melaksanakan resepsi pernikahan dan di acara duek pakat tersebut masyarakat akan menyumbang seikhlasnya untuk membiayai acara resepsi pernikahan, acara duek pakat biasanya dilaksanakan di rumah mempelai pria atau mempelai wanita”, ujarnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kelompok 61 Lidya Rosnita, S.T., M.Kom mengharapkan peserta KKN PPM agar selalu menjaga sikap, menjaga nilai-nilai kearifan lokal, dan selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat Gampong Nibong tersebut.

“Jagalah sikap perilaku yang baik, senantiasa mematuhi aturan adat istiadat setempat karena dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung”, harapnya.

Sementara itu Geuchik Nibong, Juliadi menegaskan bahwa Duek pakat menjadi tradisi dari ratusan tahun, yang kami jaga dan kami lestariakan hingga kini.

Geuchik memberikan apresiasi kepada Kampus Unimal yang telah menugaskan adik-adik mahasiswa untuk mendidik budaya adat istiadat dan juga berharap mahasiswa dapat membimbing masyarakat ke arah yang lebih baik lagi”harapnya.

Kelompok 61 KKN PPM Unimal terdiri dari 15 Mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di Unimal. Diantaranya jurusan Akuntansi, Manajemen, ADM, Ilmu Komukasi, Pisipol, Sosiologi, Piskologi, Akuakultur, Teknik Elektro, Industri,dan Teknik Mesin. (*)

Related posts

Camat Matangkuli Lantik Lima Periode 2022-2024

admin

Pj. Bupati Aceh Jaya Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 dengan Semangat Merdeka Belajar

Redaksi

IGI Aceh Utara Dikukuhkan, ini pesan Sekda Aceh Utara

admin

Leave a Comment