Lingkar Pos
Pemerintahan

Pj Bupati Aceh Utara kumpulkan Donasi ASN 145 Juta, Bantu Aceh Tamiang

Lhoksukon – Alhamdulillah kurang dari 1×24 jam berhasil kumpulkan Donasi dari ASN di Jajaran Pemerintahan Aceh Utara yang sampai pukul 01.00 Wib, sabtu(5/11/2022) sebesar  Rp145 Juta untuk membantu musibah banjir yang menimpa Aceh Tamiang. 

Aksi Cepat tanggap ini atas Arahan Pimpinan “Atas Arahan Bapak Pj Bupati Azwardi untuk penggalangan dana bagi korban banjir untuk  kabupaten Aceh Tamiang, Alhamdulillah terkumpul Rp145 juta rupiah” Ucap DR. A. Murtala,M.Si

Bantuan yang terkumpul tersebut diantar langsung Sekda Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M. Si di dampingi Asisten I, Dayan Albar serta Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Fuad Mukhtar dan Kabag Kesra M.Dahlan.

Penyerahan Bantuan ASN Aceh Utara diterima langsung Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn tengah malam Dalam bentuk uang tunai Rp 100 juta dan Sembako di posko induk. 

“Bantu ini akan akan terus bertambah dan akan dibelanjakan dalam bentuk sembako sesuai kebutuhan, total uang tunai dan sembako mencapai Rp 145 juta, kata kabag Humas setdakab Hamdani,M.Sos via whatsapp. 

“Saat ini pukul 00.45 wib sudah bertambah dengan jumlah terkumpul Rp 145 juta” Tuturnya. 

Sebelumnya, Pj Bupati Aceh Utara meminta Sekda Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M. Si, jum’at (4/11) melakukan penggalangan dana di sekretariatan Daerah dan Para Ka SKPK di lingkungan Kabupaten Aceh Utara, untuk memenuhi kebutuhan logistik di Aceh Tamiang yang dirasa saat ini sangat dibutuhkan. 

Sesuai perintah atau arahan Pj Bupati, tim harus bergerak jumat malam walaupun kondisi diperjalanan belum bisa diprediksikan. apakah akan meningkat debit air di Aceh Timur atau menurun, ini sebuah tantangan menerobos malam yang penuh resiko di perjalanan sekitar 200 KM lebih dari Aceh Utara ke titik lokasi Banjir Aceh Tamiang.

Tak hanya bantuan uang tunai dan logistik namun Pj Bupati Aceh Utara juga menugaskan Kalaksa BPBD, Asnawi, ST. MT bergerak lebih awal dan membawa logistik dan membantu evakuasi warga di Aceh Tamiang. 

“Kami ditugaskan oleh Bapak Pj  Bupati tadi malam, Kamis (4/11) untuk segera berherak cepat  menurunkan Tim dan juga logistik dan membantu warga yang terjebak banjir” Ucap Asnawi. 

Lanjutnya, kami juga menurunkan tim untuk standby di Aceh Tamiang sampai air benar-benar surut. 

Sebelumnya air telah menggenangi wilayah Aceh Tamiang sejak  31 Oktober lalu. Debit air terus meningkat,  sehingga jalan lintas nasional Medan – Banda Aceh mengalami kelumpuhan. Ketinggian debit air mencapai 1,5 – 2 meter. 

Sebelumnya diberitakan, empat hari terakhir banjir merendam 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Jumlah pengungsi bertambah dari awalnya hanya 1.413 jiwa, kini pengungsi mencapai 7.410 jiwa dari 2.250 kepala keluarga.

Sedangkan warga yang terdampak banjir namun tidak mengungsi sebanyak 10.447 KK atau 34.730 jiwa.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil menetapkan status tanggap bencana selama 14 hari, terhitung 31 Oktober–13 November 2022.

Penetapan itu menyusul banjir yang melanda 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang selama empat hari terakhir. (ADV)

Related posts

Jak Beuleut Tapak, Duek Beulet Punggong, Pj Sampaikan Pesan di Acara Pelantikan Forum Anak Pase

admin

Pj Gubernur: Selamat Milad Partai Aceh

admin

Gubernur Aceh Lantik Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

admin

Leave a Comment