Lingkar Pos
Pemerintahan

Hadiri Pelantikan Kepala BPK Aceh yang Baru, Sekda Aceh Utara Apresiasi Target Pemeriksaan Kinerja 2022

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, sangat mengapresiasi target pemeriksaan kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh tahun 2022, sebagaimana dipaparkan oleh Kepala BPK Aceh yang baru.

Murtala mengatakan apresiasi itu patut diberikan mengingat peran BPK Perwakilan Aceh selama ini cukup besar dalam mengawal jalannya pemerintah daerah, khususnya di Kabupaten Aceh Utara. Apalagi dalam meningkatkan perannya di Aceh, BPK terus meningkatkan efektivitas sistem pengendalian mutu, baik pada tingkat pemeriksaan maupun kelembagaan. 
“BPK juga terus meningkatkan peran dalam kancah internasional, salah satunya adalah menginisiasi pelaksanaan KTT Supreme Audit Institution 20 (SAI 20),” ungkap Murtala, Rabu, 5 Oktober 2022.
Pada Senin, 3 Oktober 2022, Murtala ikut menghadiri acara pelantikan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh di Kantor BPK Aceh di Banda Aceh. Murtala hadir di sana mewakili Penjabat Bupati Aceh Utara, juga  ikut didampingi oleh Inspektur Kabupaten Aceh Utara Dr Andrea Zulfa, SE, MSi.
Jabatan Kepala BPK Perwakilan Aceh diserahterimakan dari Pemut Aryo Wibowo, SE, MSi-Ak, CA, CSFA, kepada Masmudi, SE, MSi-Ak, CA, CSFA. Prosesi Sertijab dan pelantikan ini dipimpin langsung oleh Ketua BPK RI Dr Isma Yatun, CSFA,CFrA. 
Turut hadir dan menyaksikan Sertijab tersebut Ketua DPR Aceh Saiful Bahri, Sekda Aceh Bustami Hamzah, para Bupati dan Walikota se-Aceh, Auditor Utama Keuangan Negara V dan Pimpinan DPR Kabupaten/Kota se-Aceh.
Disebutkan, agenda Masmudi di Aceh adalah Target Pemeriksaan Kinerja tahun 2022 pada beberapa item kegiatan pemerintah daerah. Di antaranya pengelola persampahan di Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Besar, penyediaan akses air minum dan sanitasi layak dan aman di Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Kota Langsa, penanganan stunting di Pemerintah Kabupaten Simeulu, dan program perlindungan sosial melalui BLT dana desa di Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.
Ketua BPK RI Dr Isma Yatun, CSFA,CFrA, pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada pimpinan daerah di Aceh, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, yang telah membantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas BPK di daerah ini. “Terimakasih atas semua sinergitas dan kolaborasi selama ini dalam meningkatkan koordinasi dengan stakeholder dan mitra kerja BPK Perwakilan Aceh,” kata Isma Yatun.
Isma Yatun mengatakan mantan Kepala BPK Perwakilan Aceh Pemut Aryo Wibowo telah dilantik menjadi Kepala Auditorat AKN IV oleh Sekjen BPK RI pada 4 Agustus 2022 lalu. Untuk itu, Isma Yatun menyampaikan selamat bertugas di tempat yang baru kepada Pemut.
“Kami mengharapkan dukungan dan kerja sama pemerintah daerah serta seluruh mitra kerja di Aceh dalam usaha BPK membangun dan menjunjung nilai-nilai dasar BPK,” harapnya. (*) 

Related posts

Tingkatkan IID Pemkab Aceh Utara Adakan Bimtek untuk 63 Calon Inovator

Redaksi

Pj Bupati Mahyuzar Pimpin Rapat Penanggulangan Inflasi dan TBC

Redaksi

Dibuka oleh Pj Bupati, 32 Anak Muda Aceh Utara Ikut Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing

Redaksi

Leave a Comment