Lingkar Pos
Pendidikan

Gelar Pekan Kesehatan Masyarakat, Muspika Banda Baro Kumpul 39 Kantong Darah

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Saiful Basri, MAP, membuka kegiatan pekan kesehatan masyarakat di Kecamatan Banda Baro. Kegiatan itu berlangsung atas kerjasama dengan lembaga Elmansur Peduli, dipusatkan di halaman Kantor Camat Banda Baro, Selasa, 4 Oktober 2022. 

Kegiatan ini digelar atas inisiatif Muspika setempat. Selain Staf Ahli Bupati Drs Saiful Basri, MAP, juga turut hadir Camat Banda Baro M Amien, SSos, Sekcam Musthafa, SSos, Kepala Puskesmas Banda Baro Tuhadar, Imum Mukim Banda Baro, Kepala Kepolisian Suksektor Banda Baro, Komandan Koramil, dan para Geuchik setempat. 
Penjabat Bupati Aceh Utara yang diwakili Drs Saiful Basri, MAP, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada jajaran Muspika Banda Baro dan Lembaga Elmansur Peduli atas dedikasi dan kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat. 
Kegiatan itu mendapat sambutan antusias ratusan warga yang terlihat mendatangi lokasi untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis serta mengikuti donor darah. 
Selain layanan kesehatan gratis dan donor darah, panitia juga menyediakan layanan perpustakaan keliling, cek darah, dan layanan administrasi kependudukan (Adminduk). 
“Kita berhasil mengumpulkan 39 kantong darah dalam kegiatan ini. Kita menyahuti selangkah lebih awal program Pak Pj Bupati Aceh Utara yang dijadwalkan mulai pekan depan para ASN Aceh Utara diajak gelar donor darah rutin, seperti arahan Pak Bupati pada Apel Gabungan hari Senin kemarin,” kata Musthafa.
Ketua Umum Lembaga Elmansyur Peduli Mansuri Yunus, ST, mengatakan kegiatan PKM di halaman Kantor Camat Banda Baro merupakan yang pertama diinisiasi pihaknya.
Selanjutnya kegiatan itu akan digelar di beberapa lokasi yang telah direncanakan Elmansyur Peduli ke depan.
“Pekan Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Banda Baro ini kita isi dengan beberapa kegiatan, terdiri dari donor darah, pemeriksaan kadar kolestrol, pengecekan asam urat dan kadar gula darah. Juga ada layanan pembuatan KTP dan Kartu Keluarga, layanan perpustakaan keliling, serta bazar yang dilaksanakan oleh TP-PKK kecamatan,” ungkap Mansuri.
Mansuri Yunus mengatakan kegiatan itu adalah salah satu wujud kepedulian Elmansyur Peduli dalam bidang kesehatan masyarakat, pendidikan, serta program sosial kemanusiaan.
“Semoga apa yang kita lakukan di Banda Baro bermanfaat bagi segenap unsur masyarakat,” ungkapnya.
Selain berhasil mengumpulkan 39 kantong darah, kegiatan itu juga mencatat sebanyak 58 warga terlayani pengecekan kesehatan oleh petugas Puskesmas Banda Baro, serta 78 warga berhasil melakukan perekaman e-KTP baru, dan 7 warga melakukan perbaikan Akte Kelahiran yang dilayani oleh petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Utara. (*) 

Related posts

RTA Gelar Kajian Milenial, “Sudah Benarkah Shalat Kita?”

admin

Ombudsman RI Lakukan Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pemerintah Aceh Apresisasi

Redaksi

Bangun RSU Putri Bidadari, Pj Gubernur Apresiasi PT APMN

Redaksi

Leave a Comment