Lingkar Pos
Pendidikan

Perdana MK Kemalikussalehan, Ratusan Mahasiswa Belajar di Makam hingga Museum Samudera Pasai

Lhoksukon – Ratusan Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengikuti Mata Kuliah (MK) Kemalikussalehan pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis melakukan kuliah perdana di pelataran Makam Malikussaleh, Sabtu (10/09/22).

Salah seorang dosen yang mengajar mata kuliah Kemalikussalehan, Dr. Ibrahim Qamarius menyampaikan kegiatan ziarah tersebut bertujuan antara lain untuk melihat langsung Makam Sultan Malikussaleh sebagai cikal bakal penamaan Universitas Malikussaleh. 

Selain itu sebagai ajang silaturahmi agar saling kenal antara dosen dan mahasiswa baru, karena mata kuliah Kemalikussalehan pada semester pertama ini termasuk dalam MKDU yang selanjutnya kuliahnya dilakukan secara daring.

Dengan kegiatan tersebut juga dapat melihat secara langsung Museum Samudera Pasai, Monumen Samudera Pasai dan beberapa situs bekas Kerajaan Samudera Pasai lainnya yang terdapat di sekitar makam.

“Dengan ziarah ke Makam Sultan Malik Ash-Shalih (Malikussalah) kita dapat mengenang kembali bagaimana perjuangan beliau dalam menyebarkan Islam di Nusantara dan Asia Tenggara. Beliau adalah raja pertama di Samudera Pasai, dimana Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam pertama di Nusantara dan Asia Tenggara. Sehingga mahasiswa dapat terinspirasi dengan nama besar Malikussaleh”. Pungkas Ibrahim Qamarius. 

Lanjutnya, Mahasiswa Unimal tidak boleh minder dalam berbagai bidang, harus punya semangat dan optimis untuk masa yang akan datang”. (*) 

Related posts

Mahasiswa unimal Sosialisasi Bahaya Penyakit Kudis di Desa Alue Badee

admin

Pj Bupati Aceh Jaya Bersama Bunda PAUD Tinjau Satuan Pendidikan

Redaksi

Pj Ketua TP PKK Aceh dan Pj Ketua DWP Semangati Kontingen Aceh di Acara HUT ke-44 Dekranas dan HKG PKK ke-52 di Solo

Redaksi

Leave a Comment