Lingkar Pos
Pendidikan

Perdana MK Kemalikussalehan, Ratusan Mahasiswa Belajar di Makam hingga Museum Samudera Pasai

Lhoksukon – Ratusan Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengikuti Mata Kuliah (MK) Kemalikussalehan pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis melakukan kuliah perdana di pelataran Makam Malikussaleh, Sabtu (10/09/22).

Salah seorang dosen yang mengajar mata kuliah Kemalikussalehan, Dr. Ibrahim Qamarius menyampaikan kegiatan ziarah tersebut bertujuan antara lain untuk melihat langsung Makam Sultan Malikussaleh sebagai cikal bakal penamaan Universitas Malikussaleh. 

Selain itu sebagai ajang silaturahmi agar saling kenal antara dosen dan mahasiswa baru, karena mata kuliah Kemalikussalehan pada semester pertama ini termasuk dalam MKDU yang selanjutnya kuliahnya dilakukan secara daring.

Dengan kegiatan tersebut juga dapat melihat secara langsung Museum Samudera Pasai, Monumen Samudera Pasai dan beberapa situs bekas Kerajaan Samudera Pasai lainnya yang terdapat di sekitar makam.

“Dengan ziarah ke Makam Sultan Malik Ash-Shalih (Malikussalah) kita dapat mengenang kembali bagaimana perjuangan beliau dalam menyebarkan Islam di Nusantara dan Asia Tenggara. Beliau adalah raja pertama di Samudera Pasai, dimana Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam pertama di Nusantara dan Asia Tenggara. Sehingga mahasiswa dapat terinspirasi dengan nama besar Malikussaleh”. Pungkas Ibrahim Qamarius. 

Lanjutnya, Mahasiswa Unimal tidak boleh minder dalam berbagai bidang, harus punya semangat dan optimis untuk masa yang akan datang”. (*) 

Related posts

Lepas Musabaqah Pawai Muharram 1446 Hijriah, Ini Harapan Pj Gubernur Aceh

Redaksi

Pj Sekda Aceh Buka Pameran dan Bazar Produk UMKM Aceh di Lhoksukon

Redaksi

Walidi H. Mustafa Sarong: Ini Momentum Tingkatkan kerja Sama Antara Pemerintah Aceh Jaya dan Dayah

Redaksi

Leave a Comment