Lingkar Pos
Daerah

Disbudpar Aceh Latih Pokdarwis Aceh Utara, Hadirkan Narasumber Asal Yogyakarta

Lhoksukon – Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Kadisporapar) Aceh Utara Saifuddin, menyebutkan, kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi pelaku pariwisata di kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan pelatihan kelompok sadar wisata (pokdarwis) berlangsung dari tanggal 9-10 Agustus 2022, menghadirkan Narasumber asal Yogyakarta, Heru Purwanto pokdarwis Ngalanggeran dengan Objektif wisata Gunung Api Purba Kegiatan berlangsung di Hotel MK Lhoksukon, Selasa (9/8/2022).

Turut hadir, Pokdarwis Pirak Tour Objek Wisata Rumah Adat Cut Meutia, Bantayan Objek wisata Laut, Muara Indah Objek Sungai , Nelayan Objek Laut, Lancok Objek Pantai, Makam Malikussaleh Ojek Makam, serta Duta Wisata dan Pemerhati Wisata.

“diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman baru bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta penggiat wisata yang ada di Aceh Utara,” ujar Saifuddin dalam sambutannya, Selasa, 9 Agustus 2022 didepan puluhan pegiat wisata dan pokdarwis.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal, dalam sambutan yang dibacakan Saifuddin mengatakan, sektor pariwisata merupakan sektor penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis masyarakat di Indonesia.

“Kabupaten/kota di Aceh memiliki potensi pariwisata yang sangat besar salah satunya ada di Kabupaten Aceh Utara,” tutur Almuniza.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Fandi Maulana, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata, membantu memberantas kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan.

“Disbudpar Aceh beberapa tahun terakhir terus berusaha mendorong terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan desa wisata di Aceh. Agar kedepan pertumbuhan ekonomi dan keterbukaan lapangan kerja bisa terbuka lebar,” tutup Fandi.

Desa wisata Nglanggaran merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Desa ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul.

Desa wisata Nglanggaran menjadi salah satu desa yang berhasil masuk ke dalam Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) tahun 2018.

Wisatawan dapat menjumpai wisata alam, budaya, dan edukasi di Desa Nglanggeran. Mulai dari Gunung Api Purba, sampai Kampung Pitu.

Organisasi pariwisata PBB, UNWTO, memasukkan Nglanggeran dalam daftar desa wisata terbaik 2021. Sebelumnya, Nglanggeran juga menjadi desa wisata terbaik versi ASEAN pada 2017. Dalam dua puluh tahun, kawasan ini berubah drastis, dari terabaikan menjadi terabadikan. (*)

Related posts

Dirresnarkoba Polda Aceh Hadiri Peluncuran Kampung Bebas Narkoba di Lhong Raya

Redaksi

Mengenal Lebih Dekat Bandahara Muda PMI Aceh Utara

Redaksi

Asisten Sekda Buka Rakor Pembinaan dan Penataan Perangkat Daerah Kecamatan

Redaksi

Leave a Comment