Lingkar Pos
DaerahNasionalPemerintahanPendidikanPeristiwa

337 Calhaj Aceh Utara Bertolak ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah

Foto: Pj. Sekda Dayan Albar, SSos, MAP. melepaskan Calhaj 337 menuju ketanah suci Mekkah

BANDA ACEH | Sebanyak 337 jamaah Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Aceh Utara malam ini berangkat menuju Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah, Jumat, 31 Mei 2024.

Mereka bertolak ke Tanah Suci setelah dilakukan prosesi pemberangkatan di Asrama Haji embarkasi Banda Aceh tadi pagi, dilakukan oleh Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili oleh Pj. Sekda Dayan Albar, SSos, MAP.

Turut hadir Plt Asisten I Dr Fauzan, SSTP, MPA, Plt Kepala Dinas Syariat Islam Hadaini, SSos, Kasat Pol PP Dan WH Adharyadi, SSos, Kepala Kanwil Kemenag Aceh Drs H Azhari, Kepala UPT Asrama Haji Banda Aceh Drs H Ali Imran, Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Drs H Maiyusri, Kabag Umum Setdakab Musnadi, SE, MAP, Kabag Kesra Dan Keistimewaan Aceh M Dahlan, SE, Dan Kabag Humas Muslem Araly, SSos, MM.

Para Calhaj tersebut sebelumnya tiba di asrama haji Banda Aceh pada Kamis malam, 30 Mei 2024. Mereka berasal dari 17 kecamatan, diberangkatkan menuju Banda Aceh dengan bus dari 11 titik lokasi di Aceh Utara. Yakin dari Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Masjid Raya Pase Pantonlabu, Masjid Baitul Mukhlisin Sampoiniet, Masjid Baiturrahman Alue ie Puteh, Masjid Abu Keumala Seunuddon.

Selanjutnya dari Masjid Alkhalifah Ibrahim Matangkuli, Masjid Mideuen Syuhada Bayu, Masjid Annur Blang Jruen, Masjid Jamik Taqwa Keude Karieng, Masjid Malikussaleh Geudong Dan dari Masjid Murtadha Simpang Mulieng.

Mereka akan berangkat menuju Tanah Suci pada Jumat malam, 31 Mei 2024, pukul 19.45, dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA- 2103, dan direncanakan mendarat di Jeddah pada pukul 23.40. Jumlah Calhaj dalam Kloter 3 sebanyak 388 orang (gabungan Calhaj Aceh Utara dan Kota Banda Aceh), ditambah 5 orang petugas Kloter, sehingga total berjumlah 393 orang. Setelah nantinya ibadah haji, mereka akan kembali ke Tanah Air pada 12 Juli 2024 dengan pesawat Garuda nomor penerbangan GIA-2203.

Pj Sekda Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, dalam sambutannya di Asrama Haji embarkasi Banda Aceh antara lain meminta para Calhaj untuk tetap disiplin dan taat terhadap arahan serta petunjuk yang diberikan oleh Ketua Kloter, Ketua Regu maupun pembimbing haji.

“Juga agar menjaga kesehatan dengan baik, pergunakan waktu istirahat, sehingga saat melakukan ibadah akan dapat dilaksanakan dengan nyaman dan khusyuk,” harap Dayan.

Pada kesempatan itu, atas nama Pemkab Aceh Utara Dayan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ditjen Haji Kementerian Agama, Kemenag Aceh Utara, dan seluruh personel yang telah terlibat langsung atau tidak langsung dalam pelayanan ibadah haji tahun ini.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Utara melakukan peusijuek untuk 556 orang jamaah Calhaj yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1445 H. Prosesi peusijuek berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Rabu, 22 Mei 2024 lalu.

Sebanyak 556 orang Calhaj Aceh Utara terdiri dari 203 laki-laki dan 353 perempuan. Terbagi dalam empat kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 3, Kloter 7, Kloter 8 dan Kloter 9 embarkasi Banda Aceh. Kloter 3 berangkat ke Tanah Suci pada 31 Mei 2024, selanjutnya pada 3 Juni 2024 (Kloter 7), 6 Juni 2024 (Kloter 8), dan pada 7 Juni 2024 (Kloter 9).[]

Related posts

Dirjen GTK Kemendikbud Kunker Ke Aceh Utara

Redaksi

Peringati Hardiknas, Sekda Aceh Utara Serahkan Penghargaan untuk Sekolah dan Siswa Berprestasi

Redaksi

Ketua Nasdem Aceh Utara Dorong Pembentukan Baitul Mal Gampong Punti Pada Malam Asyura

admin

Leave a Comment