Lingkar Pos
News

Safari Ramadhan, Pj Bupati Kunjungi Masjid di Pesisir Seunuddon

Foto: Pj Bupati Mahyuzar menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Huda Matang Lada berupa sajadah panjang, kitab suci Alqur'an, dan dana pembinaan kemakmuran masjid

Lhoksukon | lingkarpos.com – Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, dan rombongan mengunjungi Masjid Nurul Huda Gampong Matang Lada, sebuah gampong di pesisir Kecamatan Seunuddon, Kamis, 21 Maret 2024.

Kegiatan itu merupakan rangkaian hari ke-2 kegiatan safari Ramadhan Pemkab Aceh Utara tahun 1445 H. Dalam rombongan Pj Bupati Mahyuzar, juga terlihat Pj Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, Plt Asisten I Dr Fauzan, SSTP, MPA, Asisten III Fauzan, SSos, MAP, para Kepala SKPK, para Camat dan Kabag, serta para pejabat Muspika Seunuddon.

Kunjungan Pj Bupati Mahyuzar dan rombongan disambut langsung oleh Imum Syik Masjid Nurul Huda Matang Lada Abi Usman Zainal Abidin, Geusyik Matang Lada M Nasir alias Toke Beudak, Camat Seunuddon Ismohar, SSTP, dan tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan diawali dengan acara buka puasa bersama jamaah Masjid Nurul Huda dan tokoh masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan shalat Magrib dan shalat Isya berjamaah. Pelaksanaan shalat sunat tarawih dan witir diimami oleh Tgk Fakhrurrazi dari Komunitas Pemuda Shubuh (Kompas) Aceh Utara. Selanjutnya kegiatan diisi dengan tausiyah Ramadhan oleh Ustadz Junaidi, MPd.

Pj Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, mengatakan tujuan safari Ramadhan adalah untuk menjalin silaturahmi, guna meningkatkan ukhuwah islamiyah di antara semua komponen masyarakat. Pihaknya merasa sangat berbahagia karena dapat berkumpul bersama dengan masyarakat Gampong Matang Lada dan sekitarnya pada hari ke-10 puasa atau malam ke-11 Ramadhan.

“Melalui silaturahmi mari kita menggapai hakikat dari pelaksanaan ibadah puasa, yaitu untuk menjadi manusia paripurna, yaitu insan kamil yang dicintai oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Dengan masuknya bulan Ramadhan, Mahyuzar mengajak masyarakat untuk kembali meningkatkan kepedulian sosial, membangun tali persaudaraan, dan ukhuwah islamiyah yang lebih kental. “Kami yakin, jika rasa ukhuwah dan persaudaraan dalam masyarakat kita terjalin dengan baik, maka persoalan-persoalan sosial yang menimbulkan keresahan dalam masyarakat akan dapat kita reduksi, seperti masalah Narkoba, pergaulan bebas, tawuran remaja dan begal yang mulai muncul akhir-akhir ini,” kata Mahyuzar.

Sementara Ustadz Junaidi dalam tausiyahnya antara lain mengajak masyarakat untuk peduli terhadap perilaku hidup remaja saat ini yang kian banyak yang melenceng dari nilai-nilai religius. “Untuk itu mari kita menaruh atensi khusus terhadap anak-anak remaja kita, terutama dalam hal pendidikan agama, baik yang formal maupun non formal. Pendidikan agama inilah yang akan membuat kita semua bahagia di dunia hingga akhirat kelak,” ungkap Ustad Junaidi.

Dalam kegiatan safari Ramadhan tersebut, Pj Bupati Mahyuzar turut menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Huda Matang Lada berupa sajadah panjang, kitab suci Al Qur’an, dan dana pembinaan kemakmuran masjid. Pada kesempatan itu juga dilakukan santunan untuk 30 anak yatim dengan anggaran bersumber dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.[]

Related posts

Hari Kedua Idul Fitri, 1.157 Kendaraan Pemudik Gunakan Tol Sibanceh

Redaksi

Irjen Dedi Raih Rekor MURI Perwira Tinggi Polri Penulis Buku Terbanyak

Redaksi

Muspika Pirak Timu Safari ke Masjid Baitul Halim

admin

Leave a Comment