Lingkar Pos
Adventorial

Implementasi Teleradiologi Berbasis Internet (IE BI) di RSU Cut Meutia

foto: Plt. Direktur RSU Cut Meutia, Zulfitri, M.Kes

Aceh Utara | lingkarpos.com – Di era digital ini, kemajuan teknologi telah merambah ke berbagai sektor, termasuk dalam bidang kesehatan. Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Meutia Aceh Utara menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memperkenalkan Implementasi Teleradiologi Berbasis Internet (IE BI) menggunakan aplikasi Radian DICOM. Langkah ini bertujuan untuk mempercepat waktu penyelesaian baca hasil CT scan semaksimal mungkin.

Humas RSU Cut Meutia, dr. Harry Laksamana mengatakan, RSU Cut Meutia merupakan rumah sakit umum tipe B pendidikan, memiliki visi misi untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan mandiri.

“Rumah sakit ini adalah salah satu rujukan utama di Aceh Utara dan sekitarnya, dengan jumlah pasien mencapai sekitar 70 hingga 80 orang setiap hari di unit radiologi,” ungkap dr. Harry.

Inovasi IE BI ini merupakan jawaban atas kebutuhan akan pelayanan yang lebih efisien dan cepat bagi pasien RSU Cut Meutia. Selain mempercepat waktu penyelesaian baca hasil CT scan, IE BI juga menghemat biaya baca hasil foto dan pengadaan perangkat teleradiologi seperti PACS.

Dengan memanfaatkan infrastruktur internet yang ada, RSU Cut Meutia dapat memberikan pelayanan radiologi yang lebih cepat tanpa perlu mengalokasikan anggaran besar untuk perangkat keras tersebut. Salah satu keunggulan IE BI adalah kemampuannya untuk memudahkan akses hasil CT scan di berbagai poliklinik. Dokter spesialis di poliklinik lain seperti poli saraf dapat dengan mudah mengakses hasil CT scan pasien yang mereka rujuk tanpa perlu ke radiologi.

“Program Radian DICOM yang digunakan dalam IE BI memungkinkan pembacaan file CT scan atau MRI yang berformat DICOM dengan lebih efisien, menghemat biaya cetak dan film, serta mempercepat interaksi antar teknisi,” jelasnya.

Dengan implementasi IE BI, RSU Cut Meutia Aceh Utara tidak hanya meningkatkan efisiensi pelayanan radiologi, tetapi juga membuka peluang untuk kolaborasi antar unit pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Ini merupakan langkah maju yang tidak hanya menguntungkan RSU Cut Meutia, tetapi juga memberikan dampak positif bagi seluruh ekosistem kesehatan di Aceh Utara.

Implementasi IE BI di RSU Cut Meutia telah membawa dampak positif yang signifikan dalam efisiensi pelayanan radiologi dan penghematan biaya. Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ.

Dengan akses yang lebih mudah terhadap hasil CT scan, dokter spesialis di berbagai poliklinik dapat melakukan diagnosis lebih cepat dan akurat, memungkinkan penanganan yang lebih tepat waktu bagi pasien. Hal ini juga berpotensi mengurangi waktu tunggu pasien, meningkatkan kepuasan pasien, serta mengurangi beban kerja bagi tenaga medis.

Selain itu, implementasi IE BI membuka pintu untuk penerapan teknologi yang lebih canggih di masa depan. Pengembangan sistem teleradiologi yang lebih kompleks, termasuk integrasi dengan sistem manajemen rekam medis elektronik (EMR), dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam manajemen data medis pasien.

“Langkah RSU Cut Meutia Aceh Utara dalam mengadopsi teknologi teleradiologi berbasis internet merupakan tonggak penting dalam meningkatkan standar pelayanan kesehatan. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan infrastruktur serta keahlian teknis yang terkait, rumah sakit ini berpotensi menjadi pusat pelayanan kesehatan yang unggul dan berdaya saing tinggi.”

Komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi akan memastikan RSU Cut Meutia Aceh Utara tetap relevan dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan berdaya saing di masa yang akan datang.[ADV]

Related posts

Pj Bupati Aceh Utara Serahkan Pompa untuk Pengairan Sawah di Meurah Mulia

Redaksi

Pemkab Aceh Utara Apresiasi Prestasi Kafilah MTQ Aceh ke-36 di Simeulu

Redaksi

Pj Bupati Aceh Utara Tinjau Banjir dan Serahkan Bantuan di Desa Lubok Pusaka

Redaksi

Leave a Comment