Lingkar Pos
Adventorial

PMT Efektif Untuk Peningkatan Gizi Masyarakat Aceh Utara Cegah Stunting

Foto: Kepala DPM-PPKB Kabupaten Aceh Utara, Fuad Mukhtar, melalui Kepala Bidang Dalduk KB, KS Mohd Azhar, SE

Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara telah meluncurkan program inovatif bernama DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) beberapa waktu lalu sebagai upaya bersama memerangi masalah stunting yang menghantui pertumbuhan generasi masa depan.

Dengan fokus pada pemberian asupan gizi yang optimal kepada ibu hamil dan balita di bawah usia dua tahun, program ini bertujuan untuk mengakselerasi penurunan angka stunting yang memprihatinkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMPPKB) Kabupaten Utara, Fuad Mukhtar, S.Sos., M.S.M,  melalui Kepala Bidang Dalduk KB, KS Mohd Azhar, SE. mengungkapkan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari program DASHAT sangat efektif untuk peningkatan gizi.

“Melalui Program DASHAT kita dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, karena PMT yang disediakan dari dapur sehat ini memiliki asupan gizi yang tinggi. Hal ini tentu sangat bermanfaat.”

Selain menyediakan PMT, melalui program DASHAT juga diberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang dan konsumsi pangan yang tepat kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan balita. Melalui pendekatan ini, diharapkan para ibu mampu memahami dan menerapkan pola makan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan optimal anak-anak mereka.

“Program DASHAT dapat mengubah paradigma bahwa makanan sehat selalu identik dengan biaya tinggi. Dengan menyediakan resep-resep dan panduan, program ini memberdayakan masyarakat untuk memilih dan memilah bahan-bahan makanan dengan harga terjangkau di pasaran. Namun memiliki kandungan nutrisi yang cukup.”

Melalui DASHAT, masyarakat diajari untuk memilih bahan-bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi, namun tetap terjangkau secara ekonomis. Misalnya, penggunaan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, yang merupakan alternatif yang lebih murah daripada daging, tetapi tetap kaya akan nutrisi.

“Program ini tidak hanya tentang memastikan ketersediaan PMT saja, tetapi memberikan resep-resep baru dan juga tentang mengubah pola pikir masyarakat terkait gizi dan keuangan. Dengan memberikan opsi makanan sehat yang terjangkau, DASHAT mendorong masyarakat untuk membuat pilihan yang lebih bijak dalam memilih dan mengonsumsi makanan.”

Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, diharapkan program ini dapat berlanjut secara berkelanjutan sehingga masyarakat Aceh Utara dapat terbebas dari masalah stunting yang menghambat perkembangan generasi masa depan di Aceh Utara. (ADV)

Related posts

Cegah Stunting Bagi Catin, Pemda Aceh Utara Siapkan Program Calindra

Redaksi

Eksistensi RSU Cut Meutia Dalam Menjaga Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tepat

Redaksi

Pj Bupati Mahyuzar Buka Kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Redaksi

Leave a Comment