Lingkar Pos
News

Pj Bupati Aceh Jaya dan Karang Taruna Salurkan 87 Al-Qur’an ke Lapas Kelas III Calang

Foto: Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si., bersama Dewan MPKT dan Pengurus Karang Taruna Aceh Jaya menyalurkan program wakaf Al-Qur'an Karang Taruna Aceh Jaya bekerjasama dengan Rumah Shammil Quran Teuku Umar Banda Aceh kepada Lapas Kelas III Calang

Aceh Jaya | lingkarpos.com – Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si., bersama Dewan MPKT dan Pengurus Karang Taruna Aceh Jaya menyalurkan program wakaf Al-Qur’an Karang Taruna Aceh Jaya bekerjasama dengan Rumah Shammil Quran Teuku Umar Banda Aceh kepada Lapas Kelas III Calang sebanyak 87 mushaf. Penyerahan mushaf Al-Qur’an tersebut berlangsung di Mushalla Al Munawarah Lapas Kelas III, Calang, Aceh Jaya pada kamis (31/1/2024).

Di awal tahun 2024 Karang Taruna Aceh Jaya bekerjaSama dengan Rumah Syamil Quran Teuku Umar Banda Aceh kembali Menyerahkan Al-Quran Waqaf Lembaga Pemasyarakatan (LP) di wilayah Aceh Jaya, Al-Quran waqaf tersebut merupakan Wakaf dari Hamba Allah (Donatur) baik yg pribadi maupun kelompok yang berdomisili di Aceh maupun dari luar Aceh melalui Rumah Syaamil Teuku Umar yang berkantor di Banda Aceh.

Program Waqaf Mushaf Al-Quran melalui Rumah Syaamil Teuku Umar yang tidak hanya disalurkan di Aceh Jaya akan tetapi juga di Seluruh kabupaten/kota di Aceh dan sebagian wilayah Sumut.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Jaya menyampaikan apresiasi kepada Kepala Lapas Kelas III Aceh Jaya beserta jajarannya yang telah intens melakukan pembinaan, khususnya kepada warga binaan yang berasal dari Aceh Jaya.

“Saya berharap pembinaan ini dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Kepada warga binaan juga dapat mengikuti semua petunjuk kegiatan-kegiatan sesuai dengan arahan Kepala Lapas dan jajarannya,” kata Pj. Bupati Aceh Jaya.

Pj.Bupati Aceh Jaya juga mengingatkan kepada warga binaan agar berperilaku baik selama mengikuti pembinaan di Lapas Kelas III Calang. Menurutnya, jika berperilaku baik, maka akan ada perlakuan khusus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pj Bupati Aceh Jaya juga berharap agar kerjasama antara Pemerintah Aceh Jaya dengan Lapas Kelas III Aceh Jaya dapat dilanjutkan. Salah satunya adalah dengan mengirimkan guru-guru ngaji yang dapat meningkatkan pemahaman Al-Qur’an kepada warga binaan.

“Selain itu, kerjasama dengan Pemerintah Aceh Jaya tidak hanya dalam bidang agama, tetapi juga dalam bidang keterampilan kerja. Sehingga setelah selesai pembinaan di Lapas, keterampilan kerja tersebut dapat dimanfaatkan,” kata Pj Bupati Aceh Jaya.

Ia berpesan kepada seluruh warga binaan agar tetap semangat dan mengikuti aturan yang diberikan oleh jajaran Lapas. Sehingga setelah selesai dari Lapas, mereka dapat kembali dan diterima oleh keluarga masing-masing dan masyarakat.

Kepala Lapas Calang,Yusaini dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Jaya beserta jajaran nya yang sudah hadir ke Lapas III Calang, ia mengatakan bahwa penyerahan Al -Quran ini sangat bermanfaat bagi kita dalam melakukan program pembinaan pemasyarakatan lapas kelas III Calang, “semoga kebaikan bapak dibalas oleh Allah” Ucap Yusaini

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, Sesuai dengan tujuan pemasyarakatan yaitu dapat membentuk warga binaan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindakan pidana sehingga dapat kembali diterima di masyarakat dan dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab”. Kata Yusaini

“kami juga sangat mengharapkan partisipasi dari pemerintah daerah dalam ikut serta membantu kami untuk mewujudkan tujuan dari pemasyarakatan tersebut.” Ujar Yusaini

Dalam kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Aceh Jaya, Abdul Hadi juga menyampaikan Harapannya, “semoga dengan Mushaf baru ini menjadi semangat baru dalam Program 1 Hari 1 Ayat hafalan”. Ungkap Hadi

“Tentunya saya juga mohon doa supaya terus bisa bergerak membantu Tempat-tempat lain di Aceh Jaya..karena sesuai yang dikatakan dalam hadis bahwa amalan yang paling afzal adalah membaca Al-Quran”, Tutup Hadi. []

Related posts

Tingkatkan Kemampuan SAR, Personel Polres Lhokseumawe diLatih dilaut Pusong Lama

admin

Satgas SAR Kota Lhokseumawe Terima Penghargaan Kakansar Aceh

admin

Tokoh Muda Aceh Di Jakarta Ahli Diplomasi, Ini Sosok DPD RI Fachrul Razi

Redaksi

Leave a Comment