Lingkar Pos
Adventorial

Aceh Utara Raih Juara Harapan II di Event PKA Ke-8 “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia”

Foto: Usai Menerima Juara Harapan I, Pj Bupati Aceh Utara berfoto bersama

Banda Aceh | lingkarpos.com – Pegelaran Pekan Budaya Aceh (PKA) ke 8 yang digelar selama 9 hari pada minggu (12/11/2023) di Taman Sulthanah Safiatuddin ditutup oleh Sekda Aceh Bustami Hamzah.

 

Kontingen Kabupaten Aceh Utara berhasil meraih Juara Harapan II pada gelar event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 tahun 2024. Dari 23 Kabupaten/kota di wilayah Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Utara akhirnya berhasil mendapatkan juara harapan II dari berbagai kategori yang diperlombakan sejak Event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8.

 

Kepastian itu diperoleh sebagaimana diumumkan oleh dewan juri dan panitia, pada hari penutupan PKA, Minggu, 12 November 2023 Pantauan langsung di lokasi perhelatan PKA ke-8, Kabupaten Aceh Utara meraih juara pada pertunjukan musik tradisional Rapai Pase mendapatkan juara 1 sebagai penyaji terbaik, dan dalam pertunjukan Seni Tutur, Aceh Utara juga memperoleh juara I.

Foto: Humas Pemda (doc)

Pj Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, usai menerima trophy dari panitia pelaksana mengatakan Pemerintah Daerah Utara sudah berupaya maksimal untuk memperoleh hasil maksimal dalam perhelatan PKA ke-8.

 

“Alhamdulillah, pada event PKA ke-8 tahun ini, Kabupaten Aceh Utara keluar sebagai juara harapan II dari berbagai perlombaan yang diikuti peserta. Dan mudah-mudahan pada event PKA yang akan datang kita dapat memperbaiki lebih baik lagi dari tahun ini. Kami juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat Aceh Utara,” kata Mahyuzar, turut didampingi oleh Sekda Dr A Murtala di Anjungan Aceh Utara.

 

Atas nama Pemkab Aceh Utara, Mahyuzar menyampaikan Terimakasih kepada panitia dan seluruh masyarakat Aceh Utara yang telah berpartisipasi dan mendukung kontingen Aceh Utara di perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 tahun ini. Kepada para pelaku seni budaya Aceh Utara tetaplah semangat dalam berkarya dan selalu menjaga  kebersamaan, semoga pada event PKA yang akan datang Aceh Utara akan tampil lebih baik lagi.

 

Pantauan pewarta pada hari terakhir Event PKA ke-8 di Taman Ratu Shafiatuddin Banda Aceh, hadir Pj Bupati Mahyuzar bersama istrinya, Sekda A Murtala, Ketua DWP Aceh Utara Ny. A Murtala, Asisten III Drs Adamy, MPd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara Jamaluddin, MPd, Kadis Perindakkop dan UKM Iskandar, S.STP, MSP, Kepala Dinas PMPPKB, Fakhruradhi, SH, MH, Kabid Kebudayaan, Yulizar, kabid Sapras Dinas P&K Aceh Utara, Herman, dan sejumlah pejabat lainnya jajaran Pemkab Aceh Utara.

 

Juara PKA dan Pameran Anjungan

 

Pada penutupan PKA, panitia juga mengumumkan Kabupaten/Kota yang menjadi juara dalam penyelenggaraan PKA ke-8. Aceh Selatan menjadi juara pertama atau juara umum yang disusul Aceh Besar (II), Bireun (III), Aceh Barat (harapan I), Aceh Utara (harapan II) dan Kota Banda Aceh (harapan III).

 

Untuk juara pameran anjungan PKA-8 juga diraih oleh Aceh Selatan. Sementara Aceh Besar, Aceh Tengah, Sabang dan Kabupaten Simeulue menjadi juara kedua hingga harapan tiga.

 

Juara PKA dari masa ke masa

  1. PKA-1 Tahun 1958 juara umum Banda Aceh
  2. PKA-2 Tahun 1972 juara umum Aceh Tengah
  3. PKA-3 Tahun 1988 juara umum Aceh Barat
  4. PKA-4 Tahun 2004 juara umum Aceh Tengah
  5. PKA-5 Tahun 2009 juara umum Aceh Tengah
  6. PKA-6 Tahun 2013 juara umum Aceh Besar
  7. PKA-7 Tahun 2018 juara umum Aceh Selatan
  8. PKA-8 Tahun 2023 juara umum Aceh Selatan

Pada PKA-8 tahun 2023, Lembaga Wali Nanggroe juga memberikan penghargaan budaya kepada sosok-sosok dan tokoh berdedikasi tinggi, yang telah berjasa melestarikan, mengembangkan, dan memajukan kebudayaan di Aceh. [ADV]

Related posts

Pemkab Aceh Utara Apresiasi Prestasi Kafilah MTQ Aceh ke-36 di Simeulu

Redaksi

Buka Musrenbang RKPD, Pj Bupati Aceh Utara Paparkan 7 Prioritas Pembangunan 2024

Redaksi

Pj Bupati Apresiasi Penandatanganan Pengalihan PI 10 Persen untuk Pemkab Aceh Utara

Redaksi

Leave a Comment