Lingkar Pos
AdventorialPemerintahan

Delapan Bulan Menjabat, Ini Capaian Pj Bupati Aceh Utara

Lhoksukon, Lingkar Pos – Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi AP M.Si usai dilantik di Pendopo Gubernur Aceh di anjong Mon Mata Kota Banda Aceh pada 14 juli 2022 silam hingga kini sudah banyak melakukan perubahan yang sangat Signifikan.

Perubah terlihat pada sistem Penjaringan Calon Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Pase, Penjaringan Direksi lebih mengedepankan keterbukaan dan profesionalisme sesuai dengan aturan Qanun Kabupaten Aceh Utara Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perusahaan Daerah Air Minum.

Informasi yang diterima Pewarta bahwa akan menyusul pembukaan Penjaringan calon Pimpinan BUMD diantaranya PT BU, PT Pase Energi Migas, PT Lido Graha, serta BUMD lainnya dan juga Komisioner Baitul Mal Aceh Utara.

Selain itu berbagai kebijakan strategis telah dilaksanakan Pj Bupati Azwardi seperti memperbaiki tata kelola pemerintahan hingga berbagai inovasi kebijakan yang membuat birokrasi Aceh Utara terus menunjukkan tren positif.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Pj Bupati Azwardi konsen dalam penanganan banjir di kawasan tersebut terjadi setiap tahunnya. Sejumlah pihak dan tokoh memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan olehnya. Ia terus melaporkan perkembangan penanganan banjir kepada pihak terkait hingga menjalin komunikasi dengan pihak Kementerian PUPR. Azwardi terpantau beberapa kali berkunjung ke proyek Waduk Keureutoe hingga meminta Kontraktor untuk segera menuntaskan pengerjaan Sungai Krueng Pase.

Hal ini dilakukan Azwardi agar dapat segera mengangkat beban penderitaan rakyat Aceh Utara agar terbebas atau minimal terhindar dari bencana banjir tahunan. Karena seperti kita ketahui, Aceh Utara merupakan salah satu kawasan yang terkenal akan produktivitas pertanian khususnya gabah padi.
Selain itu, selama menjabat sebagai Pj Bupati Aceh Utara dia telah membantu beasiswa bagi 290 mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan diantaranya Diploma III, Sarjana, Magister dan Doktoral dari warga yang kekurangan secara ekonomi.

“Saya berpesan kepada adik-adik penerima beasiswa agar kiranya nanti dapat menjadi seorang wirausaha dan mampu membangun Aceh Utara lebih baik lagi,” kata Azwardi kala itu di hadapan penerima beasiswa.

Sebagai Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi juga telah berkoordinasi dengan BUMD setempat agar dapat bekerja maksimal untuk memberikan profit signifikan bagi bumi pase. Sehingga PAD Aceh Utara dapat terdongkrak.

Tokoh peduli pemuda

Azwardi hadir langsung saat pelantikan pengurus Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU) periode 2022-2025 di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar.
Semangatnya begitu besar untuk menjadikan generasi muda Aceh Utara menjadi unggul dan kompetitif dalam segala sektor.

Beruntungnya, Azwardi juga peduli akan Generasi Emas yakni memberantas narkoba, dalam sebuah podcast bersama BNNK Aceh. Azwardi mengajak BNN agar dapat membuka kantor di Aceh Utara, dia ingin agar generasi muda Aceh Utara terbebas dari pengaruh narkotika dengan kehadiran BNN disana.

Kebijakan Pj Bupati Aceh Utara

Terkait permasalahan kesehatan, Azwardi dengan tegas meminta tim anggaran Aceh Utara agar memprioritaskan untuk penanganan stunting di Kabupaten Aceh Utara. Azwardi juga mengajak legislatif untuk bersama menempatkan anggaran kepada Dinas Kesehatan terutama untuk penanganan PMK.
Dia juga diketahui rutin melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar masalah kesehatan di Aceh Utara dapat teratasi.

Sosok yang terkenal kalem namun tegas ini, meminta kepada seluruh ASN di Aceh Utara untuk menjaga integritas saat bekerja. Karena sebagai umat islam, kejujuran merupakan salah satu bentuk ketaqwaan.
Dia rutin menghadiri undangan sejumlah acara seperti pelantikan organisasi dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Hal ini membuktikan tekad kuat seorang Azwardi untuk lebih dekat dengan masyarakat Aceh Utara.

Selama menjabat Azwardi terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten setempat seperti saat membuka dan  pegelaran Festival Edukasi Aceh Utara bersama Disdik Aceh Utara.

Selama memimpin Aceh Utara, Azwardi menjalin hubungan baik dengan DPRK Aceh Utara sebagai mitra kerja strategis. Dia juga berkolaborasi dengan Kejari setempat melalui MoU yang ditandatangani baru baru ini. Seluruh Forkopimda diajak bekerja sama tak lain untuk kemajuan Aceh Utara serta bekerjasama dengan organisasi Media. (ADV)

Related posts

Tangani Kelangkaan GAs 3 Kg Disperindagkop UKM Aceh Utara Akan Gelar Operasi Pasar

Redaksi

Pj Bupati Aceh Utara Inisiasi Aksi BIS di Masjid-Masjid Sepanjang Jalan Nasional

Redaksi

Pemkab Aceh Utara Dan BSI Tandatangani Kesepakatan Bersama Jasa Pelayanan

Redaksi

Leave a Comment