Lingkar Pos
News

Pj Bupati Aceh Utara hadir di Baktiya, Masyarakat Antusias Sambut Kehadiran Orang Nomor Satu

Lhoksukon – Kehadiran orang nomor satu di Aceh utara disambut langsung Masyarakat Kecamatan Baktiya, terlihat antusias masyarakat menyambut kehadiran Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, serta rombongan dalam kegiatan safari Ramadhan, Kamis, 30 Maret 2023.

Memasuki hari ke-8 Ramadhan, Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi melaksanakan safari Ramadhan di Kecamatan Baktiya. Kali ini, kunjungan safari dilakukan Azwardi bersama jajaran pejabat Pemkab Aceh Utara di Masjid Baiturrahman, Gampong Alue Ie Puteh Kecamatan Baktiya.

Seperti biasa, rangkaian safari Ramadhan diawali dengan pembagian santunan kepada 200 anak yatim yang diserahkan secara simbolis kepada 20 anak yatim. Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Aceh Utara Azwardi yang didampingi oleh Sekda Dr A Murtala, MSi, Asisten I Dayan Albar, SSos, MSi, para Kepala SKPK, para Camat, Kabag dan Kabid, juga menyerahkan bantuan hibah sebesar Rp.500 juta bersumber dari dana DOKA tahun 2023 untuk kelanjutan pembangunan Masjid Baiturrahman.

Selain itu, juga diserahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp.5 juta, serta bingkisan berupa 20 kitab suci Al-Quran dan 3 lembar sajadah. Usai pelaksanaan shalat tarawih yang diimami oleh Tim Ahli Bupati Aceh Utara Ir Tgk Muhammad Hatta, SST, MT, yang juga Ketua Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara, dilanjutkan dengan sambutan Pj Bupati Aceh Utara serta tausiah singkat oleh Mudir Dayah Malikussaleh Tgk H Ibnu Hajar atau yang akrab disapa Ayah Hajar.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Utara Azwardi mengatakan bahwa dirinya ingin memperbanyak silaturahmi dan menjalin ukhuwah dengan masyarakat, Salah satu momentum tersebut adalah melalui pelaksanaan safari Ramadhan. “Saya diberikan amanah jabatan oleh negara, oleh pemerintah, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Aceh Utara, salah satunya guna mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024,” jelasnya.

Lebih lanjut Azwardi mengajak seluruh jamaah untuk membangun karakter yang baik serta menjalin silaturahmi antar sesama, dan menjaga diri sendiri serta keluarga, meningkatkan iman dan takwa serta kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan.

“Allah SWT berfirman, yang artinya ‘Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” ujar Azwardi dengan mengutip QS. At-Tahrim ayat 6.
Hal senada juga disampaikan oleh Ayah Hajar dalam ceramah singkatnya, yang mengatakan bahwa sangat penting untuk menjaga akhlak dengan Allah, dengan Rasul, serta menjaga akhlak dengan sesama manusia. “Karena apabila tidak baik hubungan dengan sesama manusia di dunia, maka juga akan tidak baik di akhirat, karena hablumminallah dan hablumminannas itu sangat penting,” sebut Ayah Hajar.

Tgk H Ibnu Hajar juga memaparkan tentang keutamaan Ramadhan, di antaranya dengan turunnya Al-Qur’an di mana ayat pertamanya berbunyi iqra’. “Ini adalah perintah untuk membaca atau mencari ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Dikatakan, jika menilik proses pembelajaran oleh Malaikat Jibril saat mengajari Nabi Muhammad SAW untuk membaca, sungguh terdapat proses transfer ilmu yang penuh dengan santun dan kasih sayang. Padahal saat itu Baginda Nabi sama sekali awam untuk membaca, lalu dituntun sampai beberapa kali oleh Jibril dengan sabar.

“Proses ini hendaknya perlu dicontoh oleh para pengajar di zaman sekarang, sehingga para peserta didik atau murid dapat menikmati proses pembelajaran yang nyaman dan merasa disayangi.”

Lebih jauh Tgk Ibnu Hajar mengajak jamaah untuk menjaga berkah Ramadhan dengan bersyukur terhadap segala bentuk rahmat dan nikmat Allah SWT. Jagalah hubungan kita sebagai hamba dengan Allah SWT, jangan kufur terhadap nikmat, karena Allah tidak akan mencabut nikmat dari kita, sampai kita sendiri yang mengubah atau mencabut nikmat tersebut.

Dalam kesempatan itu, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat juga mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pj Bupati Aceh Utara atas silaturahmi di bulan suci Ramadhan, serta sejumlah bantuan yang diserahkan untuk Masjid Baiturrahman.

“Kami atas nama tokoh masyarakat di Kecamatan Baktiya sangat mengapresiasi kegiatan mulia safari Ramadhan yang dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Utara, serta seluruh bantuan untuk pembangunan Masjid Baiturrahman, Baktiya. Semoga Bapak Pj Bupati Aceh Utara selalu dalam keadaan sehat wal afiat, diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Kabupaten Aceh Utara ‘Bumi Malikussaleh’ tercinta ini,” ungkap Tgk A Hanan, Imum Mukim Panteu Breuh Kecamatan Baktiya, yang juga Ketua Forum Imum Mukim Kabupaten Aceh Utara. (ADV)

Related posts

Tahun 2023 Bank Aceh Raih Dividen Rp 296 Miliar, 2022 Rp 295 Miliar

Redaksi

KIP Aceh Utara Launching Tahapan Pemilu 2024

admin

Mudik Gratis Bersama Pupuk Iskandar Muda “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN”

admin

Leave a Comment