Lingkar Pos
Pemerintahan

Sangsaka Merah Putih Di Kibarkan, Pj Bupati Aceh Utara Inspektur Upacara HUT RI ke 77

Lhoksukon – Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-77 Proklasi Kemerdekaan RI dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Utara di Lapangan Landing, Lhoksukon, Rabu pagi, 17 Agustus 2022.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, dan komandan upacara Kapten Inf Prima Aditya Yanuarko, SIP (Pasi Siapsat Siops Brigif 25/Siwah). Sedangkan Komandan Pasukan Paskibra Letda Arh Aditya Pamungkas dari Detasemen Arhanud 001 Kodam Iskandar Muda. Danton Paskibra Muhammad Dana dari SMA Swasta Iskandar Muda. Pengibar tengah Dannu Muliya Prayoga dari SMAN 1 Cot Girek. 
Berikutnya, pengibar kanan dan kiri adalah dua putra terbaik dari SMAN 1 Muara Batu yang merupakan kembaran, yaitu Reza Irfandi dan Rezi Irwanda. Mereka merupakan kelahiran Meunasah Pulo Lawang pada 1 Juli 2004, putra dari Bapak Armia Salihin dan Ibu Wardiah.
Pembawa baki utama bernama Asmaul Husna dari SMA Swasta Iskandar Muda, dan pembawa baki kedua Rizka Fadillah dari SMAN 1 Sawang.
Anggota Paskibra Aceh Utara tahun ini berjumlah 35 orang, terdiri dari putra 18 orang dan putri 17 orang. Mereka pelajar SMA, SMK dan MA direkrut dari sekolah-sekolah dalam wilayah Aceh Utara. Selain itu, juga ada dengan Paskibra dari satuan TNI/Polri terdiri dari Satuan Brigif 25/Siwah berjumlah 11 orang, Den Arhanud 11 orang, Yonko 469 Kopasgat 11 orang, LANAL Lhokseumawe 1 orang dan Polres Aceh Utara 12 orang. 
Upacara pengibaran bendera dimulai tepat pukul 08.00 WIB di lapangan upacara Landing, Lhoksukon, depan Kantor Bupati Aceh Utara, dengan perwira upacara Erlan Safari Ginting, SSTP (analis keuangan pada Kantor BPKD Aceh Utara). Pembaca Teks Pembukaan UUD ‘45 oleh Tgk Jamaluddin (pengurus DPD KNPI Aceh Utara), pembacaan doa oleh Drs Tgk H Maiyusri (Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara).
Tahun ini merupakan pertama kali Pemkab Aceh Utara menggunakan lapangan upacara Landing, depan Kantor Bupati, sebagai tempat pelaksanaan upacara memperingati HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI. Lapangan ini baru saja selesai pembangunannya, dan dinilai cukup representatif untuk tempat pelaksanaan upacara. Lapangan ini akan terus dipoles menjadi lebih indah dan asri, sehingga menjadi area terbuka publik yang representatif dalam areal perkantoran Pemkab Aceh Utara kawasan Landing.
Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen pemerintah dan swasta, serta unsur masyarakat, atas terlaksananya upacara pengibaran bendera HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI. Khususnya kepada petugas Paskibra yang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dan sempurna, tanpa cacat, sehingga pelaksanaan upacara berlangsung khidmat.
“Kami mengapresiasi kepada seluruh anggota Paskibra, tim pelatih dan instruktur, serta koordinator pelatih dari Kodim 0103/Aceh Utara yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran dalam membina Paskibra Aceh Utara tahun 2022 ini,” kata Azwardi.
Kegiatan upacara pengibaran bendera ini turut dihadiri seluruh pejabat Forkopimda Aceh Utara, di antaranya dari Korem 011/LW, dari LANAL Lhokseumawe, Dandim 0103/Aut diwakili oleh Mayor Jaelani, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, SIK, Kajari Aceh Utara Dr Diah Ayu HL Iswara Akbari, SH, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon Fauzi, MH, Komandan Brigif Raider Khusus 25/Siwah Lhoksukon Letkol Inf Taufik Rizal, SE, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, SE, Plt Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara Drs H Maiyusri, para Kepala SKPK, para Camat, Kabag, serta peserta upacara seluruh ASN jajaran Pemkab Aceh Utara dan dari satuan TNI/Polri.
Pelaksanaan upacara pengibaran bendera di Lapangan Landing berakhir sekitar pukul 08.50 WIB, selanjutnya Pj Bupati Azwardi, AP, MSi, bersama pejabat Forkopimda menghadiri zoom meeting mengikuti pelaksanaan upacara memperingati Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI dari Istana Kepresidenan Jakarta yang disiarkan langsung ke seluruh penjuru Tanah Air. (*) 

Related posts

Pj. Bupati Dr A Murtala M.Si Serahkan 2500 Sertifikat PTSL Kepada Masyarakat Aceh Jaya

Redaksi

Pj Gubernur Perintahkan Segera Penuhi Kebutuhan di Posko Pengungsian Aceh Tamiang

admin

Hadiri Rakornas Ketahanan Ekososbud, Pj Walikota Lhokseumawe Siap Rawat Keberagaman

Redaksi

Leave a Comment