Lingkar Pos
DaerahPemerintahanPendidikan

Pj Bunda PAUD Aceh Utara Dukung Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Kecamatan Dewantara

Foto: Bunda PAUD, Awirdalina berdialog akrab dengan para siswa siswi di TK

LHOKSUKON | Pj. Bupati Aceh Utara, Mahyuzar bersama Bunda PAUD, Awirdalina melakukan kunjungan ke PAUD Negeri Pembina Dewantara dan SD Negeri 3 Dewantara sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan.

Ikut serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara beserta Bunda Paud Kecamatan Dewantara, serta Muspika Kecamatan Dewantara.

Bunda PAUD Aceh Utara mengapresiasi pengetahuan Kepala Sekolah yang cukup baik tentang proses transisi anak didik dari PAUD ke SD serta telah menerapkannya dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024/2025.

Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan merupakan upaya bersama untuk memastikan pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini, dari mana pun titik berangkat mereka. Gerakan ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak agar dapat terwujud.

Kemendikbud Ristek meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada 28 Maret 2023. Kebijakan tersebut digulirkan guna mengakhiri miskonsepsi tentang baca, tulis, hitung (calistung) pada PAUD dan SD kelas awal (kelas 1 dan 2) yang masih sangat kuat di masyarakat.

Tiga target perubahan yang ingin dicapai dari gerakan tersebut adalah: menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD. Dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak di PAUD dan SD.

Kedatangan Bunda PAUD Aceh Utara di SD Negeri 3 Dewantara disambut oleh Kepala Sekolah, Zuryati S.Pd., Dewan Guru, K3S Dewantara serta para siswa. Siswa juga menampilkan tarian adat serta senam Gerakan Sekolah Sehat. Untuk diketahui, SD Negeri 3 Dewantara merupakan perwakilan Kabupaten Aceh Utara dalam kegiatan Gerakan Sekolah Sehat tingkat nasional. Turut hadir para calon siswa dari berbagai lembaga PAUD dan sempat bersalaman dengan Bunda PAUD Aceh Utara beserta rombongan.

Kunjungan dilanjutkan ke TK Negeri Pembina Dewantara yang berada di Desa Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara.

Bunda PAUD Aceh Utara berdialog akrab dengan para siswa siswi di TK tersebut. Beberapa siswa menunjukkan kemampuan mereka dalam menghafal ayat-ayat pendek Al Quran serta doa harian. Bahkan kemudian Bunda PAUD duduk lesehan bersama para siswa menikmati kudapan yang disediakan.

Kunjungan di TK Negeri Pembina Dewantara, disambut oleh Kepala Sekolah, Srimulyana, S.Pd., Guru, Komite serta para siswa yang telah menunggu kedatangan BUNDA PAUD Aceh Utara.[]

Related posts

Pj Gubernur Serahkan Bantuan Becak untuk Operasional Pengobatan Ramadhan

Redaksi

Pj Bupati Aceh Utara: KUPA/PPAS-P yang Berhubungan Dengan Masyarakat menjadi Prioritas Utama

admin

Pj Bupati Aceh Utara Lantik 56 Pejabat Eselon III dan IV, Harapkan Kolaborasi yang Kuat dan Jaga Kekompakan

Redaksi

Leave a Comment