Lingkar Pos
KesehatanNews

RSIA Selenggarakan Sunat Massal Bekerjasama TP PPK Aceh dan BAS

Foto: Pj. Ketua TP-PKK Aceh, Melani Subarni menghadiri kegiatan sunat massal dan peresmian ruang CT SCAN Rumah Sakit Ibu dan Anak, Banda Aceh,

Banda Aceh | lingkarpos.com – Puluhan anak mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Aceh dan PT. Bank Aceh Syariah, dalam rangka mencari berkah di Bulan Suci Ramadhan, Rabu 3 April 2024.

Acara yang berlangsung di ruang tengah Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) itu, dihadiri langsung oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Mellani Subarni, anggota TP PKK Aceh dan Pokja Bunda PAUD Aceh.

Mellani mengatakan, kegiatan sunat/khitan massal ini, memiliki makna mendalam bagi upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, lantaran khitan bukan sekadar tindakan medis biasa, tapi juga bagian dari sunnah Nabi yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan fisik dan psikis anak-anak.

Hal itu juga berkolerasi positif dengan tujuan pemerintah, yakni kesehatan dan kesejahteraan keluarga, sebagai pondasi yang sangat penting dalam membangun masyarakat yang berkualitas. “Melalui sunat, kita tidak hanya menjaga kesehatan fisik anak-anak, tetapi juga mengajarkan nilai nilai kebersihan dan kepatuhan kepada sunnah Allah, yang akan membentuk karakter mereka di masa depan,” kata Mellani dalam sambutanya.

Karena itu, keberhasilan pelaksanaan sunat massal ini bukanlah hanya tanggung jawab pihak medis semata. Namun, juga tanggung jawab seluruh pihak. Maka melalui momentum ini dapat dijadikan untuk merangkul nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama.

“Semoga sunat massal ini menjadi langkah awal menuju kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak kita. Selain itu, kolaborasi ini menjadi contoh nyata dari bagaimana kita dapat bersatu demi mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak, dr. Nurnikmah, menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu respons sosial terhadap masyarakat sekitar.

Ia menargetkan 30 peserta anak yang akan ikut dalam sunat masal ini, dengan anak pra sejahtera sebagai peserta prioritas. “Bulan Ramadhan ini kita ambil, karena ini adalah momentum anak- anak libur sekolah” kata Nurnikmah.

Dalam kesempatan itu, Pj Ketua PKK Aceh juga berkesempatan melihat langsung prosesi sunat yang dilakukan oleh dokter dan perawat handal RSIA, lalu ia lanjut melihat layanan unggulan RSIA yakni Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atau ruang perawatan intensif untuk bayi dan anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital, dan ruang rehabilitasi anak.

Related posts

Penandatanganan MoU Pengembangan Bisnis KEK Antara PT PIM Dengan PGN

admin

Pemerintah Aceh Utara Renovasi Jembatan Gantung, Penghubung dua Kecamatan Murah Mulia dan Nibong

admin

Miris, warga Baktiya Aceh Utara Butuh Rumah Layak Huni

admin

Leave a Comment