Lingkar Pos
Adventorial

Dilepas oleh Pj Bupati, 55 Kafilah Ujuk Kebolehan Ajang MTQ Ke 36 DiSimeulu

Pj Bupati Mahyuzar serahkan Benddera petaka MTTQ kepada Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara Hadaini, SSos di pendopo Bupati

Lhokseumawe | lingkarpos.com – Kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 36 dari Kabupaten Aceh Utara berangkat menuju Kabupaten Simeulu pada Kamis sore, 23 November 2023, guna mengikuti kegiatan MTQ ke-36 tingkat Provinsi Aceh.

Sebelumnya pada sore hari yang sama, kafilah dilepas secara resmi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, di Pendopo Bupati di Lhokseumawe. Perjalanan menuju Simeulue mengambil rute lewat jalan darat dari Lhokseumawe hingga ke Calang, Aceh Jaya.

Kemudian dilanjutkan dengan pelayaran laut pada Jumat sore dengan KMP Aceh Hebat 1 dari pelabuhan Calang ke Sinabang Kabupaten Simeulue. Jika tidak ada kendala kafilah MTQ Aceh Utara akan tiba di Simeulue pada Sabtu pagi.

Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara Hadaini, SSos, mengatakan kafilah Aceh Utara mengusung motto Tekad Berprestasi Menuju Kejayaan Qur’ani di Kabupaten Aceh Utara.

Foto: Kafillah MTQ Aceh Utara

Pemerintah kabupaten Aceh Utara mengirim 55 orang peserta untuk mengikuti ajang MTQ ke-36 Provinsi Aceh tersebut. Mereka akan unjuk kebolehan pada sejumlah cabang MTQ, meliputi cabang Tilawah, Qira’ah Saba’ah, Hifdzhil, Tafsir, Syarhil, Fahmil, Karya Tulis Ilmiah Qur’an (KTIQ), Dan Khattil Qur’an.

Selain para peserta, kafilah Aceh Utara juga didampingi Pelatih 15 orang, Official 8 orang, Pendamping cacat netra 2 orang, tenaga medis 3 orang, panitia 30 orang, dan sopir 6 orang.

Hadaini mengatakan para peserta MTQ itu sebelumnya telah dipersiapkan dengan matang. Mereka telah mengikuti proses pemantapan melalui Pemusatan Latihan atau TC (Training Center) selama 7 hari dibagi dalam tiga tahapan, sebelum menuju ke Simeulue.

Dengan adanya proses pemantapan melalui TC diharapkan semua peserta bisa tampil lebih maksimal di arena MTQ nantinya.

Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, dalam arahannya saat melepas kafilah MTQ, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi terhadap semangat seluruh peserta MTQ Aceh Utara yang berangkat ke Simeulue.

Mahyuzar mengharapkan agar seluruh peserta MTQ Aceh Utara dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan selama mengikuti MTQ ke-36 Provinsi Aceh. Yang penting juga agar seluruh peserta dapat menjaga kesehatan, jaga pola makan, jangan jajan sembarangan.

MTQ ke-36 tingkat Provinsi Aceh akan berlangsung di Kabupaten Simeulue pada 26 November s/d 2 Desember 2023. Kafilah Kabupaten Aceh Utara direncanakan menempati Pemondokan dengan menggunakan rumah penduduk di Jalan Tengku Umar Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Prosesi pemberangkatan kafilah MTQ Aceh Utara turut dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD terkait, para Camat, para Kabag, dan para orang tua peserta MTQ.

Untuk diketahui sebanyak 1.054 peserta dari semua kabupaten/kota di Aceh akan mengikuti MTQ di Kabupaten Simeulue, Sebanyak 10 cabang yang diperlombakan yang terdiri atas cabang Tilawatil Qur’an golongan anak-anak, remaja, dewasa, dan golongan tilawah tunanetra, cabang Qiraah Sab’ah Mujawwad golongan remaja dan dewasa.

Kemudian Cabang Qiraah Sab’ah Murattal remaja dan dewasa serta tilawah tartil; Cabang Tahfiz golongan 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 juz; Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Tafsir Qur’an, Cabang Khattil Qur’an, serta Cabang Karya Tulis Ilmiah Qur’an (KTIQ).

Adapun yang diberangkatkan dengan kapal laut adalah Kafilah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan.

Selanjutnya, Subulussalam, dan Kafilah Aceh Singkil, Sedangkan Kafilah Aceh Barat, Bener Meriah, dan Lhokseumawe akan berangkat dengan pesawat udara. [ADV]

Related posts

DPMPPKB Aceh Utara Komit Turunkan Stunting, Sediaan Alokasi Anggaran Untuk Gizi dan Pendampingan

Redaksi

Kolaborasi Forkopimda Atasi Stunting Di Aceh Utara

Redaksi

HARGANAS kE-30 DPM-PPKB Aceh Utara Berikan Pelayanan Serentak 1 Juta Akseptor

Redaksi

Leave a Comment