Lingkar Pos
DaerahPemerintahanPendidikan

101 Kepala Sekolah Ikuti Arisan MKKS SMP Se- Aceh Utara, Tingkatkan Pengembangan Pendidikan

Lhoksukon | lingkarpos.com – Sebanyak 101 Kepala Sekolah yang tergabung dalam Arisan MKKS SMP baik sekolah negeri maupun Swasta menggelar kegiatan bertajuk Pengembangan Pendidikan dan menciptakan SDM Aceh Utara menyongsong Indonesia Emas 2045 yang digelar di SMP Swasta Babussalam di komplek Yayasan Dayah Babussalam Baktiya Kabupaten Aceh Utara 27/9/2023 yang dipelopori MKKS.

Turut Hadir Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin., S.Sos. M.Pd, didampingi Sekdis Disdikbud Razali, S.Pd.I, MSP, M.Pd, Kabid Dikdas, Dr. Irhamni, S.Pd.I., M.Ag., Ketua Koordinator pengawas Sekolah (KORWAS) Drs. Jufri, M.Pd,
Ketua MKKS Drs. Sulaiman, Pengawas Pembina SMPN 1 Cot Girek Fakri Liannur, S.Pd dan para Kepala Sekolah SMP se Aceh Utara.

Pertemuan Arisan ini diikuti oleh 101 Kepala Sekolah Negeri dan Swasta, dalam lingkup Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara. berbagai kebijakan dari dinas dapat terlaksana dengan lancar, sekaligus ajang untuk berbagi informasi antara sesama Kepala SMP sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

Materi pertemuan arisan MKKS berfokus kepada pengembangan pendidikan Aceh Utara dalam semangat Merdeka Belajar. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Utara Jamaluddin., S.Sos, M.Pd, berharap kepada Kepala Sekolah dan para guru untuk terus menciptakan SDM Aceh Utara menyongsong Indonesia Emas 2045.

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin, M.Pd menyambut baik kegiatan ini serta terus kompak untuk meningkatkan mutu pendidikan. Musyawarah inilah tempat yang paling tepat, karena mereka-mereka ini nanti menjadi garda depan yang kita butuhkan sesuai dengan tema MKKS hari ini tambahnya.

“Saya juga meminta kepada kepala sekolah untuk berkolaborasi dengan Guru Penggerak dan berharap akan banyak Calon Guru Penggerak yang akan lulus di angkatan 10 dan kita harus berkolaborasi dan kompak dalam mewujudkannya, “katanya jamal

Mudir Yayasan Dayah Babussalam Baktiya Dr. Tgk. H.M. Zuhdi Karimuddin, Lc., MA, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan para Kepala Sekolah di SMPS Babussalam. Beliau menyampaikan jumlah siswa keseluruhan di pesantren 251 Siswa terbagi 135 Siswi Dan 116 Siswa,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Koordinator Pengawas Sekolah Drs. Jufri, M.Pd. menyampaikan beberapa poin untuk suksesnya Pendidikan di Aceh Utara, yaitu:

  1. Laporan dan tindak lanjut pelaksanaan supervisi kelas dan akademik tiap-tiap semester untuk semua guru, baik PNS atau non PNS.
  2. Guru-guru yang lulus CGP angkatan 10, maka dipersiapkan dengan baik untuk seleksi tahap 2 berkenaan dengan praktek mengajar dan wawancara, supaya jumlah kelulusan akan meningkat.
  3. Kepala sekolah terus melakukan pendampingan IKM utk guru-guru.
  4. Lanjutkan eksplorasi Rapor Pendidikan tahun 2023 dan dilanjutkan dengan PBD untuk menyusun RKT dan RKAS.
  5. Di tahun 2024, jurnal kemajuan kepala sekolah disampaikan bulanan. Maka akan disiapkan program kerja tahunan kepala sekolah.koordinasi dengan pengawas binaan masing-masing.
  6. KOSP 2023/2024 (kurikulum operasional satuan pendidikan)
  7. Rincian Komponen Penggunaan Dana BOS Kinerja Sekolah yang Memiliki Kemajuan Terbaik Tahun 2023, yaitu: Pembelajaran dengan paradigma baru merupakan komponen yang digunakan untuk pembiayaan dalam kegiatan pembelajaran bagi Peserta Didik yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter, seperti fasilitasi penguatan kompetensi dan pengembangan karakter.

fasilitasi evaluasi pembelajaran berbasis rapor pendidikan dan/atau kegiatan lainnya yang relevan yang mendukung pembelajaran paradigma baru. Perencanaan berbasis data merupakan komponen yang digunakan untuk pembiayaan kegiatan yang mendukung Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada Satuan Pendidikan, seperti: penguatan manajemen tata kelola satuan pendidikan. Penguatan kapasitas sumber daya tata kelola satuan pendidikan dan/atau kegiatan lainnya yang relevan dalam rangka pelaksanaan PBD, Yang mana kekompakan kita sangat diperlukan dalam ruang lingkup pendidikan Aceh Utara. []

Related posts

Mendes PDTT Berikan Penghargaan LDWN Kepada Pj Bupati Aceh Utara

Redaksi

Pemkab Aceh Utara Apresiasi Prestasi Kafilah MTQ Aceh ke-36 di Simeulu

Redaksi

Gubernur: BAS adalah Harta Karun Rakyat Aceh, Jaga dan Rawat Baik-baik

admin

Leave a Comment