Lingkar Pos
Pemerintahan

Sertijab Camat, Pj Sampaikan Pesan Penting

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara menekankan pentingnya perhatian dan atensi para pejabat terhadap tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024, di mana tahapannya saat ini sudah mulai berjalan.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Dayan Albar, SSos, MAP, dalam arahannya pada acara Pengantar Tugas atau serah terima jabatan (Sertijab) Camat dalam jajaran Pemkab Aceh Utara, berlangsung di aula Kantor Bupati di Landing Kecamatan Lhoksukon, Senin, 9 Januari 2023.

Dikatakan, tugas Camat dan Muspika ke depan sangatlah berat, karena kedepan kita akan menghadapi tahapan-tahapan Pemilu yang pelaksanaannya secara serentak. Hal itu harus mendapat perhatian kita semua, agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan lintas sektor terkait. Semua permasalahan yang timbul hendaknya bisa diselesaikan di tingkat gampong atau di tingkat kecamatan.

“Koordinasi dan komunikasi lintas sektor mesti dibangun agar semua kegiatan bisa lancar. Dan kepada Muspika mohon dukungan kepada Pak Camat agar pelayanan maksimal kepada masyarakat,” harap Dayan.

Lebih jauh Dayan mengatakan bahwa rotasi atau mutasi di dalam tubuh pemerintahan sudah menjadi hal yang biasa dan lumrah terjadi. Mutasi itu bukanlah sanksi, ini adalah penyegaran, bukan hukuman. “Pak Camat yang baru dilantik agar segera bangun komunikasi dan konsultasi dengan staf.  Pak Camat agar perkuat stafnya sehingga pelayanan masyarakat maksimal.”

Camat yang baru di-sertijab-kan, kata Dayan, adalah aparatur yang dipercaya oleh Penjabat Bupati Aceh Utara untuk menempati jabatan Camat dan telah melalui pertimbangan dari Tim Penilai Kinerja Pegawai Negeri Sipil. “Dalam laporan yang di sampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan, telah kita dengarkan bersama bahwa Camat yang diserahterimakan pada hari ini, berlatar belakang pendidikan ilmu Pemerintahan dan pengalaman yang sangat relevan.”

Oleh karenanya, sangat diharapkan agar Camat yang telah diserahterimakan mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh rasa tanggung jawab, serta membangun koordinasi dan kerja sama dengan lintas sektor.

Kepada para Muspika, kami sangat berharap kiranya dapat membantu dan memberikan dukungan penuh kepada para Camat dalam pelaksanaan tugas di lapangan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Camat, Danramil dan Kapolsek adalah tiga pilar utama dalam menopang pelaksanaan Pemerintahan dan pembangunan di kecamatan, sehingga kerjasama yang optimal akan sangat membantu terlaksananya berbagai kegiatan dan program Pemerintah di tengah masyarakat.

Prosesi Sertijab para Camat tersebut turut disaksikan oleh sejumlah pejabat terkait, para pejabat Muspika, para imum Mukim, tokoh masyarakat, dan Ketua Forum Geusyik dari setiap kecamatan.

Para Camat yang melakukan Sertijab masing-masing Mazinuddin, SSos, yang sekarang menempati pos tugas baru sebagai Camat Sawang, bertukar posisi dengan Abdurrahman, SSos, yang sekarang menjadi Camat Baktiya Barat.

Berikutnya Saifullah, SSos, sebelumnya Camat Kuta Makmur menjadi Camat Baktiya menggantikan posisi Fajaruddin, SSos, yang ditarik menjadi pelaksana pada Bagian Organisasi Setdakab. Hanifza Putra, SSTP, MSi, dari posisi Camat Lhoksukon menjadi Camat Kuta Makmur.

Sedangkan Fatwa Maulana, SSos, MSi, sebelumnya merupakan Camat Syamtalira Bayu sekarang menjadi Camat Lhoksukon. Posisi Camat Syamtalira Bayu diisi oleh Surya Phachta, SSTP, yang sebelumnya merupakan Camat Lapang.

Sementara Zulfikar, SSos, dipromosi menjadi Camat Lapang dari posisi sebelumnya  sebagai Sekcam di Kantor Camat Syamtalira Bayu. Ismohar, SSTP, MSi, sebelumnya merupakan Kabag Tata Pemerintahan di Setdakab Aceh Utara kini menjadi Camat Seunuddon. 

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap delapan Camat tersebut telah dilakukan oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, pada Selasa, 3 Januari 2023 lalu, bersamaan dengan pelantikan 48 pejabat lainnya dalam jajaran Pemkab Aceh Utara. (*)

Related posts

Pj Gubernur Aceh Sampaikan Rancangan Qanun Aceh Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA TA 2023

Redaksi

USAID dan PT Indo Cafco Latih Petani Kopi Di Aceh Utara

Redaksi

Pj Bupati Aceh Utara, Sambut Danrem 011/LW yang Baru

Redaksi

Leave a Comment