Lingkar Pos
Pemerintahan

Program Permakanan Kemensos, Sasar Lansia dan Disabilitas di Aceh Utara

Lhoksukon – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Fuad Mukhtar melalui Kabid Rehsos Mansur, SE melakukan launching Bantuan Sosial Permakanan Kemensos untuk Lansia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas Keluarga tunggal di Desa Pulo U Kecamatan Tanah Luas, Jum’at (02/12/2022). 

Mansur, SE mengatakan Bantuan Sosial Permakanan merupakan salah satu bantuan sosial dalam bentuk makanan siap saji yang diberikan kepada penyandang kesejahteraan sosial melalui Pokmas. 
Lanjut Mansur, tujuan pemberian bantuan sosial permakanan bagi lanjut usia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas keluarga tunggal adalah sebagai upaya penghormatan, perlindungan dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan dan/atau nutrisi agar memperoleh kehidupan yang layak.
“Jadi ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya lansia agar mereka bisa mempertahankan kehidupannya khususnya dengan makanan yang layak,” ujarnya.
Sementara itu Koordinator PKH Aceh Utara Jafriadi menjelaskan Bantuan Sosial Program permakanan ini untuk tahun 2022 berlangsung selama 1 bulan atau 30 hari di bulan Desember 2022, sehari 2 kali makan dengan harga Rp.21.000 atau satu porsi Rp.10.500 yang dikelola secara swakelola oleh Pokmas.
Kegiatan ini terlaksana berkat kerja keras SDM Pendamping Sosial PKH Aceh Utara. Sampai dengan 30 November telah dicairkan oleh Kemensos 2 Pokmas dari 5 Pokmas yang sudah kita ajukan. Pokmas inilah nantinya melaksanakan pemberian bantuan sosial permakanan bagi Lansia keluarga tunggal dan Penyandang Disabilitas keluarga tunggal, Ujar Jafriadi.
Jafriadi merinci jumlah Lansia keluarga tunggal dan Penyandang Disabilitas keluarga tunggal yang memperoleh Bantuan Sosial Permakanan dari Kemensos adalah Kecamatan Lhoksukon 73 Lansia, Tanah Luas 66 Lansia, Nibong 18 Lansia dan Cot Girek 20 Lansia.
Semoga bantuan sosial permakanan ini dapat membantu lansia keluarga tunggal khususnya agar dapat meringankan beban bagi mereka para lansia untuk bisa memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari dengan asupan gizi yang terpenuhi. Tutupnya. (*)

Related posts

IKM di Aceh Utara Diberikan Sertifikat Merk Dagang

Redaksi

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan BKKBN Aceh Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting

Redaksi

Sekda Tak Masuk Bursa Calon Pj. Ketua DPRK: Sekda Orang Berpengaruh Penting di Aceh Utara

Redaksi

Leave a Comment