Lingkar Pos
Pemerintahan

Pj Bupati Aceh Utara Respon Cepat, Kirim Bantuan dan Tim Ke Aceh Tamiang

Lhoksukon – Banjir terjadi di Aceh Tamiang semakin hari semakin parah, jalan Negara lumpuh total, bahkan kekhawatiran semua pihak makin memuncak akan kondisi kekinian masyarakat disana. 

Pj Bupati Aceh Utara bersimpati akan Musibah yang terjadi, dan meminta Sekda Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M. Si melakukan penggalangan dana di sekretariatan Daerah dan Para Ka SKPK di lingkungan Kabupaten Aceh Utara untuk memenuhi kebutuhan logistik di Aceh Tamiang yang dirasa saat ini sangat dibutuhkan. Jum’at malam 5 November 2022
Bantuan tersebut malam ini juga akan diserahkan oleh Sekda Aceh Utara, didampingi Kadis Dinas Sosial bagian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) dan para Kabag Setdakab Aceh Utara kepada Pemerintah Aceh Tamiang. 
Kabag Humas Aceh Utara Hamdani, dihubungi media ini membenarkan bahwa Pemerintah Aceh Utara tengah persiapan bergerak ke Aceh Tamiang malam ini juga. 
“ya malam ini juga Insyaallah tim Pemkab yang dipimpin Pak Sekda Dr.Murtala menyalurkan bantuan untuk meringankan saudara kita di sana, semoga tidak ada kendala di Perjalanan”
Selain itu juga Pj Bupati menugaskan Kalaksa BPBD, Asnawi, ST. MT bergerak lebih awal dan membawa logistik dan membantu evakuasi warga di Aceh Tamiang. 
“Kami diperintah Pak Pj tadi malam untuk segera menurunkan tim dan juga logistik dan membantu warga yang terjebak banjir” Ucap Asnawi. 
Lanjutnya, kami juga menurunkan tim untuk standby di Aceh Tamiang sampai air benar-benar surut. 
Sebelumnya air telah menggenangi wilayah Aceh Tamiang sejak  31 Oktober lalu. Debit air terus meningkat,  sehingga jalan lintas nasional Medan – Banda Aceh mengalami kelumpuhan. Ketinggian debit air mencapai 1,5 – 2 meter. 
Sebelumnya diberitakan, empat hari terakhir banjir merendam 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Jumlah pengungsi bertambah dari awalnya hanya 1.413 jiwa, kini pengungsi mencapai 7.410 jiwa dari 2.250 kepala keluarga.
Sedangkan warga yang terdampak banjir namun tidak mengungsi sebanyak 10.447 KK atau 34.730 jiwa.
Bupati Aceh Tamiang, Mursil menetapkan status tanggap bencana selama 14 hari, terhitung 31 Oktober–13 November 2022.
Penetapan itu menyusul banjir yang melanda 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang selama empat hari terakhir. (ADV)

Related posts

Pj Bupati Aceh Utara Ingatkan Kode Etik Saat Melakukan Sumpah Janji ASN

admin

Bupati H Muhammad Thaib Resmikan RSUD dr Muchtar Hasbi Lhoksukon, Mulai Layani Pasien Rawat Jalan

admin

IKM di Aceh Utara Diberikan Sertifikat Merk Dagang

Redaksi

Leave a Comment