Lingkar Pos
NasionalPemerintahan

Menjelang Idul Adha 1445H, Pemko Lhokseumawe Gelar Pasar Tani dan Gerakan Pangan Murah

Foto: Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe hadirkan kembali Pasar Tani dengan semangat mendukung ketersediaan pangan dan stabilisasi harga melalui Gerakan Pangan Murah

LHOKSEUMAWE | Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445H/2024M, Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe hadirkan kembali Pasar Tani dengan semangat mendukung ketersediaan pangan dan stabilisasi harga melalui Gerakan Pangan Murah. Kegiatan yang telah dijadwalkan ini akan berlangsung dengan melibatkan berbagai pihak, Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian, termasuk juga Bulog, Pertamina, para petani, serta Bank Aceh.

Kegiatan Pasar Tani ini akan berlangsung di depan SD 12 Banda Sakti, Mon geudong, Kota Lhokseumawe mulai pukul 09.00 WIB hari Rabu, 12 Juni 2024.

Pj Walikota Lhokseumawe A Hanan, SP, MM mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, sekaligus mendukung perekonomian lokal melalui pembelian produk-produk dari para petani dan pelaku usaha mikro.

”Kegiatan ini tidak hanya mendukung petani lokal tetapi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh produk segar dan berkualitas langsung dari sumbernya. Seperti kita tahu pasar tani ini mempertemukan langsung antara petani dan pembeli jadi harganya lebih murah” sebut Pj Walikota Lhokseumawe.

Sesuai dengan kesepakatan yang telah dicapai bersama Bulog, Gerakan Pangan Murah akan menyediakan berbagai komoditas penting dengan jumlah minimal yang telah ditentukan. Pasar Tani akan menyediakan beras sebanyak 3.5 ton, minyak goreng (migor) sebanyak 500 kg, telur ayam 100 papan, bawang merah 100 kg, dan cabai merah 100 kg. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan harga yang terjangkau menjelang perayaan Idul Adha.

Untuk mendukung kebutuhan energi rumah tangga, Pertamina akan menyediakan sekitar 200 tabung gas 3 kg. Langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan bahan bakar rumah tangga yang sering digunakan masyarakat, terutama saat mempersiapkan perayaan hari besar seperti Idul Adha.

Pasar Tani kali ini akan diwarnai oleh kehadiran para petani yang menjual berbagai macam produk pertanian, perikanan, dan peternakan. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan berbagai macam produk olahan hasil pertanian dan perikanan yang siap untuk dikonsumsi atau dijadikan oleh-oleh.

Tidak ketinggalan hasil perkebunan dan kehutanan juga tersedia seperti madu hutan, madu ternak, lada, jahe, kopi, buah-buahan seperti mangga, pisang, sawo, buah naga, dan lain-lain, kelor dan minyak daun kelor, serta bibit tanaman lainnya.

Sebagai tambahan, Bank Aceh akan hadir untuk melayani penukaran uang pecahan. Layanan ini sangat penting, terutama menjelang Idul Adha, ketika kebutuhan akan uang pecahan meningkat untuk keperluan transaksi dan persiapan hari raya.

”Mari bersama-sama mendukung Gerakan Pangan Murah dan menyambut Idul Adha 1445H dengan penuh berkah dan semangat kebersamaan” ajak A Hanan.

”Ayo, kunjungi Pasar Tani dan dapatkan berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau!” pungkasnya.[]

Related posts

Dinkes Lhokseumawe Distribusikan Obat-Obatan ke 7 Puskesmas

Redaksi

Pj Bupati Bener Meriah Cetus Sekolah Belangi

admin

Pj Bupati Dr A Murtala M.Si: Pembagunan Di Aceh Jaya Tidak Dapat Berjalan Tanpa Dukungan Pengusaha Lokal

Redaksi

Leave a Comment