Lingkar Pos
News

LPL-Ha Aceh Gelar Strategic Planing Kebencanaan

Banda Aceh – Lembaga Pembelaan Lingkungan Hidup dan Hak Asasi Manusia (LPL-Ha) Aceh kembali menyusun Strategic Planning mengatasi Kebencanan dan juga mencari sulusinya, di Banda Aceh pada 5-8 Oktober 2022. 

Dalam menjalankan peran dan fungsi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai salah satu faktor terpenting adanya stakeholder guna mendukung daya kembang masyarakat. Kegiatan yang berlangsung di Meeting Room Walhi Aceh ini berhasil menganalisis berbagai sorotan penting yang akan menjadi peta jalan kerja LSM LPL-Ha Aceh ke depan. 

Perencanaan strategis adalah perangkat yang lazim digunakan lembaga untuk menentukan isu strategis serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya termasuk modal dan sumber daya manusia untuk mencapai strategi.

Teknik analisis menjadi basis data dalam proses, termasuk SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Strategic Planning ini bertujuan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan. 

Beberapa indikator yang menjadi point sangat penting seperti Banjir di Kabupaten Aceh Utara yang saat ini terjadi. 

Manager Lingkungan LPL-Ha, Zulfahmi mengatakan “Banjir di Aceh Utara sudah terjadi sejak beberapa generasi ke belakang, dalam ingatan saya ketika berada di usia Sekolah Dasar banjir ini sudah ada, namun penanganan banjir masih dengan pola lama yang tidak menyelesaikan masalah”.

Lanjutnya, Banyak pola baru yang harus di coba pemerintah, contohnya normalisasi sungai di seputaran beberapa Kecamatan seperti Matangkuli. 

Direktur LPL-Ha, Nabhani Pasee “Banjir ini harus kita lihat secara menyeluruh, Selain degradasi hutan yang jelas, erosi sungai juga menyebabkan luapan air dengan sangat cepat. Kita harus melihat dari hulu sampai ke hilir, Pemetaan Daerah Aliran Sungai (DAS) menjadi salah satu point”. (*) 

Related posts

Pj Bupati Aceh Utara Tinjau Bisnis Peternakan Ayam Petelur Dan Lakukan Vaksinasi Sapi

Redaksi

Kementerian PANRB Tetapkan Pemerintah Aceh Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Terbaik

admin

KEMENDAGRI Kolaborasi Lintas Kementerian Wujudkan Satu Kode Dan Data Administrasi Kewilayahan Indonesia

admin

Leave a Comment