Lingkar Pos
Daerah

Semarakan HUT RI ke 77, Kakankemenag Aceh Utara Perlombakan KUA BERSENI

Lhoksukon – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag, bersama tim khusus mulai turun lapangan untuk meninjau langsung seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kabupaten Aceh Utara dalam rangka penilaian lomba “KUA BERSENI” untuk semarakkan HUT RI ke -77.

Tim penilai terdiri dari 2 tim. Tim 1 dipimpin langsung oleh Kakankemenag Aceh Utara bersama Kasi Penyelenggara Zawa dan Staf Bimas Islam, sedangkan TIM 2 dipimpin oleh Kasi Bimas Islam bersama Kasubbag TU dan Staf Bimas Islam. 
Kepala Kankemenag Aceh Utara dan seluruh tim secara bersamaan mengawali mengunjungi KUA Lhoksukon, selanjutnya bersama tim 1 tinjau KUA Matangkuli, KUA Paya Bakong, kemudian KUA Pirak Timu, Senin (01/08/2022). 
Sedangkan diwaktu yang sama, tim 2 yang dipimpin oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Utara itu kemudian berkunjung ke KUA Seunuddon, Tanah Jambo Aye, Baktiya dan Baktia Barat. 
Kepala Kankemenag Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag, didampingi oleh Kasubbag TU Drs H. Jamaluddin, M. Pd, dan Kasi Bimas Islam H. Asnawi, S.Ag., M.Sos, mengatakan lomba ini untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Untuk penilaiannya dilaksanakan dari tanggal 1-10 Agustus.
Lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke – 77 ini dengan tema KUA BERSENI (Bersih, Sehat, Nyaman, dan Indah) bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian, tanggungjawab karyawan pada lingkungan kerjanya dan menciptakan iklim kerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja.
“lomba BERSENI antar KUA ini adalah untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap kebersihan dilingkungan Kantor, selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih,” kata H. Maiyusri
Ada 4 Indikator utama yang menjadi penilaian pada lomba KUA BERSENI ini, yaitu “Kebersihan dan Kerapian” diantaranya ; kebersihan halaman, ruangan, plafon, kaca dan jendela, lantai dan dinding, ketersediaan tempat sampah, kerapian kursi, meja, rak, lemari atau interior lainnya, kerapian ATK,  penataan arsip/buku/dokumen ditempatnya, kerapian kabel instalasi. 
Kedua “Sehat” diantaranya ; sanitasi, ketersediaan air bersih, kamar mandi/toilet, sirkulasi udara, room smoking. 
Ketiga “Nyaman” diantaranya ; kenyamanan suhu ruangan, kecukupan tingkat cahaya, wangi ruangan, tingkat kebisingan, tempat istirahat, dan ruang mushalla. 
Ke empat “Indah” diantaranya ; penataan dekorasi ruangan, variasi keindahan, keserasian warna serta penataan artikel dalam mading. 
Menurut orang nomor satu di Kemenag Aceh Utara ini, setelah tinjau dan menilai di beberapa KUA. Mereka sangat antusias mengikuti lomba dan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut tim penilai.
“Kita targetkan untuk peninjauan dan penilaian KUA BERSENI di 27 KUA di Aceh Utara ini, bisa selesai pada tanggal 10 Agustus,” ujarnya.
Selain itu, H Maiyusri juga mengahrapkan, menjaga kebersihan tidak hanya pada saat lomba kebersihan antar KUA saja yang tampak bersih dan rapi, namun kebersihan tempat kerja harus selalu dijaga.
“Karena ketika kantor bersih dan rapi maka akan meningkatkan semangat atau etos kerja sehingga akan menyukseskan kerja ASN,” tuturnya. (Murh)

Related posts

Tekan Inflasi, Pemkab Aceh Jaya Gelar Pasar Murah

Redaksi

TJSL PTPN 1, Peduli Banjir Salur Bantuan ke Aceh Utara

admin

101 Kepala Sekolah Ikuti Arisan MKKS SMP Se- Aceh Utara, Tingkatkan Pengembangan Pendidikan

Redaksi

Leave a Comment