Lingkar Pos
Pendidikan

Kelola PIP Terbaik Ke III, Dinas PK Aceh utara Terima Penghargaan Kemendikbudristek

Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pengelola Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2021.  

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara mendapatkan Predikat Pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diterima langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jamaluddin, S.sos, M.Pd. yang diserahkan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti. 
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengatakan melalui apresiasi dan penghargaan ini, pengelola PIP di seluruh Indonesia diharapkan dapat terus terpacu dalam memberikan layanan yang lebih baik dalam mengelola PIP. 
“Semakin baik pengelolaannya, maka hasilnya juga akan semakin baik,” terang Suharti pada Malam Apresiasi dan Pemberian Penghargaan Pengelola PIP Terbaik Tahun 2021 di Jakarta, Jumat (17/6).
Suharti berharap melalui penghargaan ini, mitra utama pengelola layanan PIP akan memberikan layanan yang lebih baik lagi seperti ketepatan sasaran penerima program. 
“Kita ingin memastikan bahwa memang anak-anak kurang mampulah yang mendapatkan bantuan ini dari SD hingga perguruan tinggi. Sehingga memberikan peluang kepada mereka untuk bisa mengikuti pendidikan,” ujarnya.
Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Abdul Kahar menjelaskan penerima penghargaan dipilih berdasarkan penilaian menggunakan beberapa indikator, antara lain, kinerja pengelolaan, ketetapan sasaran, kualitas penerima dan pembinaan serta pelaporan. 
Abdul Kahar menjelaskan penerima penghargaan dipilih berdasarkan penilaian menggunakan beberapa indikator antara lain kinerja pengelolaan, ketetapan sasaran, kualitas penerima dan pembinaan serta pelaporan. 
“Untuk penilaian pengelola PIP tingkat dikdasmen dilakukan terhadap 514 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan 34 Dinas Pendidikan Provinsi. Sedangkan penilaian pengelola PIP Dikti dilakukan terhadap 122 Perguruan Tinggi Negeri dan 16 LLDIKTI,” katanya.
Pengelola PIP Pendidikan Dasar dan Menengah kategori Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, terbaik pertama diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, terbaik kedua diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap, dan terbaik ketiga diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara.
Selanjutnya, pengelola PIP Pendidikan Dasar dan Menengah kategori Dinas Pendidikan Provinsi, terbaik pertama diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Bali, terbaik kedua diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, dan terbaik ketiga diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Kemudian, pengelola PIP Pendidikan Tinggi kategori Perguruan Tinggi Akademik, terbaik pertama diberikan kepada Universitas Negeri Medan, terbaik kedua diberikan kepada Universitas Bengkulu, dan terbaik ketiga diberikan kepada Universitas Lampung.
Pengelola PIP Pendidikan Tinggi kategori Perguruan Tinggi Vokasi, terbaik pertama diberikan kepada Politeknik Negeri Sambas, terbaik kedua diberikan kepada Politeknik Negeri Ketapang, dan terbaik ketiga diberikan kepada Politeknik Negeri Bengkalis. Sementara itu, untuk kategori LLDikti, terbaik pertama diberikan kepada LLDikti wilayah VI, terbaik kedua diberikan kepada LLDikti wilayah IX, dan terbaik ketiga diberikan kepada LLDikti Wilayah VIII.
Melalui saluran telpon,Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, minggu (19/6/2022) Mengucapkan Terimaksih Kepada Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib dan rasa syukur atas penghargaan yang diraih sebagai terbaik ke III dalam pengelolaan PIP Tingkat Nasional Tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
“ini merupakan kebangaan dan pemicu semangat bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara provinsi Aceh, Sebuah Daerah di ujung Pulau Sumatera”
Lanjutnya, Terimakasih kepada Kepala sekolah dan Operator PIP, baik di Dinas dan di sekolah menjadi garda utama kesuksesan pendataan dan penyaluran PIP. Tutupnya

Related posts

Mellani Subarni Lantik Pj Ketua PKK Subulussalam

Redaksi

Kajian Melenial RTA, Angkat Tema “Gadai’ Berikut Jadwalnya

admin

Prof Alyasa Sebut Wakaf Baitul Asyi Bukan Habib Bugak, Peusaba: Belajar Kembali Sejarah Aceh

Redaksi

Leave a Comment