Lingkar Pos
News

PTQ ke – 52 RRI Ajang Tingkatkan Perekonomian UMKM diTakengon

Takengon – Pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Radio Republik Indonesia (RRI) ke-52 di Takengon, Aceh Tengah diharapkan dapat mengangkat perekonomian setempat khususnya UMKM, sekaligus mengenalkan Takengon sebagai destinasi wisata religius.

“Pelaksanaan PTQ ini menjadi kesempatan untuk lebih mengenalkan Takengon, bukan hanya masyarakatnya yang menerapkan Islam dengan bagus. Tapi untuk lebih mengenalkan hasil UMKM dan mengenalkan Takengon sebagai destinasi wisata religius. Takengon harus lebih dikenal di Indonesia,” kata Bupati Takengon Shabela Abubakar dalam Konferensi Pers usai pembukaan PTQ RRI ke-52, Rabu (13/4/2022).
Ia pun mengungkapkan rasa bangga atas kehadiran Wakil Presiden Maruf Amin dalam pembukaan PTQ hari ini.
“Kami sangat berterima kasih karena Bapak Wakil Presiden yang telah memberikan perhatiannya pada Takengon,” imbuhnya.
Ungkapan syukur juga disampaikan Dirut LPP RRI Hendrasmo. Menurutnya, kesuksesan acara PTQ ke-52 ini adalah berkat dukungan dan sinergi semua pihak.
“Ini merupakan kolaborasi yang luar biasa dari Pak Bupati dan jajarannya, kementerian agama,  termasuk seluruh satuan kerja RRI di seluruh Indonesia,” Ucap Hendrasmo.
Ia juga sepakat pelaksanaan TPQ bukan sekedar untuk menyebarkan syiar Islam, tapi pada saat yang sama juga mengedepankan sisi lain Takengon, yang sedang mengembangkan diri menjadi destinasi wisata religius.
“RRI juga sedang getol-getolnya membantu pembangunan daerah dan UMKM. Para satker RRI di daerah ambil bagian dalam upaya pengembangan ekonomi daerah, utamanya UMKM,” jelas Hendrasmo.
Sementara itu, Ketua Dewas  LPP RRI Anwar Mujahid mengungkapkan kesannya terhadap tari Guel yang ditampilkan saat pembukaan PTQ hari ini. Tari Guel merupakan tari khas masyarakat Gayo yang diangkat dari cerita rakyat setempat.
“Geraknya sangat dinamis. Tari Guel  merupakan kekayaan intelektual yang harus disebarluaska ke seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia,” tandas Anwar.
Acara PTQ akan berlangsung hingga tanggal 17 April 2022. Adapun pada Kamis (14/4/2022) akan mulai dilaksanakan babak final  para peserta untuk katagori tilawah, tausiyah dan tahfidz Quran. 
Sepanjang pelaksanaan PTQ ke-52 di Takengon Aceh juga akan diselenggarakan acara lainnya, seperti pameran UMKM, sebar benaih ikan, dan seminar. (*) 

Related posts

Pj Bupati Hadiri HUT ke-77 Bhayangkara Polres Aceh Utara, Usai Kegiatan Sempatkan Silaturahmi Dengan Ulama

Redaksi

Kedatangan Presiden RI Ke Rumoh Geudong, Sekda Aceh Tinjau Lokasi

Redaksi

Bupati Aceh Utara Apresiasi Kapolda Aceh Terkait Penangkapan Penembak Buraq

admin

Leave a Comment