Lingkar Pos
Politik

Panwalihcam Nisam Antara Rekrutmen Calon PPL untuk Pilkada

Foto; Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Nisam Antara kabupaten Aceh Utara

LHOKSUKON | Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Nisam Antara kabupaten Aceh Utara, membuka pendaftaran pengawasan pemilihan lapangan (PPL) tingkat Gampong atau desa pada tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2024 untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak 2024.

Ketua Panwaslihcam Nisam Antara, Muhammad Amin, SE, kamis (29/8/2024) mengatakan bahwa pada tanggal 29 – 31 sudah mulai melakukan pengawasan pengrekrutan untuk pengawasan pemilihan lapangan (PPL) atau bisa juga disebutkan pengawas tingkat Gampong.

“Dalam melakukan perekrutan PPL ini, kami benar-benar melihat orang-orang yang bisa dan mampu bekerja penuh waktu di lapangan nantinya, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan,
Pembentukan pengawas lapangan dilakukan dengan kriteria mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, profesionalitas, akuntabilitas, partisipatif,efisien dan efektivitas.

“PPL merupakan salah satu lembaga yang berwenang mengawasi tahapan penyelenggaraan di tingkat Desa. pada aturan Bawaslu, disebut bahwa pengawas lapangan bersifat ad hoc atau dengan kata lain bersifat sementara, ujarnya.

Lanjutnya dalam mengawasi tahapan Pilkada, PPL juga bertugas mencegah terjadinya pelanggaran seperti praktik Money politic atau yang lebih dikenal dengan politik uang dan pelanggaran lainnya yang dilakukan partai politik dan pasangan calon, dan PPL juga menjaga netralitas ke semua pihak.

Selain beberapa tugas yang telah di sebutkan di atas, PPL adalah orang yang mesti memiliki integritas yang tinggi demi suksesnya pilkada serentak tahun 2024 di wilayah kerjanya, maka dari itu bisa kami katakan PPL adalah ujung tombak pengawasan pilkada di tingkat Gampong.

Proses perekrutan PPL mulai di buka hari kamis tanggal 29 sampai 31 Agustus 2024, jika Sampai tanggal 31 Agustus 2024 kuota belum cukup, Maka kami Panwaslih kecamatan Nisam Antara akan melakukan perpanjang pendaftaran mulai tanggal 2 September sampai dengan 4 September 2024.

Formulir berkas administrasi calon pengawas pemilihan Lapangan dan keterangan info lebih lanjut dapat mengirimkan via Email : panwaslihcamnisamantara@gmail.com atau di media sosial Panwaslihcam Nisam Antara atau bisa datang langsung ke sekretariat Panwaslih kecamatan Nisam Antara jln, Alue papeun – krung tuan Gampong Alue Dua.

Dokumen pendaftaran diserahkan secara langsung ke sekretariat kelompok kerja pembentukan pengawas pemilihan lapangan PPL yang beralamat di dusun Babussalam Gampong Alue Dua kecamatan Nisam Antara.[]

Related posts

Anzir, SH: KIP Jangan Terlalu Gegabah Sikapi PAW PPK Matangkuli

Redaksi

Ketua komisi III DPRK Aceh Utara Berharap Pj Bupati dapat Melanjutkan Persoalan PI Block B

admin

Dua Periode Pimpin DPD RI, 5 RUU Produk DPD RI Dari Pemikiran Fachrul Razi

Redaksi

Leave a Comment