Lingkar Pos
DaerahEkonomiNasionalNewsPemerintahanPendidikan

Rakernas APEKSI di Buka Presiden, Pj Wali Kota Lhokseumawe Apresiasi Sinergitas Antar Kota

Foto: Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, A Hanan, memimpin delegasi Lhokseumawe dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 1-6 Juni 2024.

BALIKPAPAN | Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, A Hanan, memimpin delegasi Lhokseumawe dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 1-6 Juni 2024.

Acara yang dihadiri oleh para Wali Kota dan istri dari seluruh Indonesia ini mengusung tema ‘Kota Sejahtera, Indonesia Maju” dan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Selasa 4 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan keinginannya agar semua kota di Indonesia nyaman dihuni. Hal ini didasari karena 80 persen penduduk dunia diprediksi akan berada di perkotaan pada tahun 2050 sehingga beban kota ke depan akan semakin berat.

Di kesempatan yang sama, Pj Wali Kota A. Hanan menyambut baik kolaborasi dan sinergi antar kota untuk memajukan pembangunan di Indonesia terutama melalui kegiatan ini.

“Rakernas Apeksi ini menjadi momen penting bagi kita para Wali Kota untuk saling bertukar ide dan pengalaman dalam mendorong kemajuan daerah masing-masing,” ujar A. Hanan.

Pada rakernas tersebut, A. Hanan juga sempat berdiskusi bersama sejumlah wali kota lainnya terkait dengan isu perkotaan seperti manajemen pengelolaan sampah, pemberdayaan umkm, pertukaran produk umkm antar daerah hingga praktik baik penggunaan produk dalam negeri dalam e-catalog.

“Lhokseumawe memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Pemko Lhokseumawe berkomitmen untuk bekerjasama dan saling mengadopsi praktik-praktik baik pembangunan dengan kota-kota lain di Indonesia” Tambah A. Hanan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Lhokseumawe, Ny. Ainal Mardiah mengikuti sesi Cooking Class bersama para istri wali kota lainnya di Resto Kampung Pasir Kota Balikpapan. Ajang ini digelar sebagai bentuk silaturahmi dan berbagai pengalaman dalam mengolah berbagai hidangan berbahan dasar ikan.

Rangkaian agenda Rakernas APEKSI XVII dimulai dengan dengan Youth City Changer, Gala Dinner, Indonesia City Expo 2024, ICE Business Forum, Coocking Class, Karnaval Budaya Nusantara, hingga senam bersama dan penanaman pohon di Area BSCC Dome.[]

Related posts

Buka Musrenbang, Pj Gubernur: Indikator Pembangunan Aceh Tunjukkan Trend Positif

Redaksi

Menghapuskan Kemiskinan Ekstrim di Aceh Utara, Kemenkeu Berikan DIF 11,4 Miliar

Redaksi

PGE Sediakan 3000 Santunan Anak Yatim, akan di salurkan melalui Panglima Sagoe

admin

Leave a Comment