Lingkar Pos
Adventorial

RSU Cut Meutia, Pusat Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan di Aceh Utara

Foto: Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar M.Si

Aceh Utara | Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Meutia Aceh Utara telah menegaskan posisinya sebagai pusat pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas. RSU Cut Meutia kini telah menjadi salah satu dari dua rumah sakit pendidikan di Aceh.

Humas RSU Cut Meutia, dr. Harry Laksamana, menyatakan bahwa RSU Cut Meutia resmi menjadi rumah sakit pendidikan pada tahun 2019 setelah berhasil melewati proses akreditasi pada tahun 2018. Keberhasilan ini menegaskan komitmen RSU Cut Meutia dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan menjadi bagian integral dari sistem pendidikan kesehatan di Aceh.

“RSU Cut Meutia telah menjadi Rumah Sakit Pendidikan Tipe B setelah melalui serangkaian proses dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Saat ini, RSU Cut Meutia adalah satu-satunya rumah sakit pendidikan Tipe B di Aceh, yang berada di bawah naungan Rumah Sakit Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh yang memiliki status Tipe A,” ungkap dr. Harry.

Dengan visi untuk menjadi rumah sakit yang berkualitas, terjangkau, dan mandiri, RSU Cut Meutia memiliki misi sebagai rumah sakit rujukan, pusat pelayanan kesehatan, tempat pendidikan dan pelatihan, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan demikian, RSU Cut Meutia tidak hanya berperan sebagai penyedia layanan kesehatan, tetapi juga sebagai lembaga pendidikan dan pusat pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Dalam menjalankan misinya sebagai rumah sakit pendidikan, RSU Cut Meutia Aceh Utara telah mengembangkan berbagai program pendidikan dan pelatihan bagi para tenaga kesehatan, mulai dari dokter, perawat, hingga tenaga medis lainnya. Program-program tersebut dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para tenaga kesehatan serta mengikuti perkembangan terkini dalam dunia medis.

Selain itu, RSU Cut Meutia juga aktif dalam kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan, dengan tujuan untuk terus meningkatkan pemahaman dan penanganan terhadap berbagai penyakit dan kondisi kesehatan yang relevan dengan masyarakat setempat.

“Sebagai Rumah Sakit Umum dan Pendidikan, kami memiliki tanggung jawab dalam menyediakan layanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat, serta menjadi sumber pengetahuan dan keterampilan bagi generasi tenaga kesehatan masa depan,” ujar dr. Harry.

Dalam upaya mencapai visi dan misinya, RSU Cut Meutia Aceh Utara juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan kesehatan baik di tingkat lokal maupun nasional. Kerjasama ini meliputi pertukaran pengetahuan dan pengalaman, pelatihan tenaga kesehatan, serta penyelenggaraan kegiatan bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Dengan berbagai program yang dilaksanakan, RSU Cut Meutia berusaha menjadi mitra yang dapat diandalkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kesehatan dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Utara dan sekitarnya.

Melalui komitmen yang kuat terhadap pendidikan, pelayanan kesehatan, dan kepedulian sosial, RSU Cut Meutia Aceh Utara terus berupaya menjadi salah satu rumah sakit pendidikan terkemuka di Aceh yang memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. [ADV]

Related posts

RSU Cut Meutia Perkuat Pelayanan Kesehatan Ortopedi dengan Dokter Lulusan Luar Negeri

Redaksi

BPM-PPKB Segera Bentuk DASHAT di 72 Gampong di Aceh Utara

Redaksi

MSCT 64 Slices untuk Deteksi Penyakit Tersedia di RSU Cut Meutia

Redaksi

Leave a Comment