Lingkar Pos
Adventorial

Buka Konferensi PWI Aceh Utara – Lhokseumawe, Begini Harapan Pj Bupati Aceh Utara

Foto: Pj Bupati Aceh Jaya Dr A Murtala M.Si

Lhokseumawe – Penjabat Bupati Aceh Utara membuka kegiatan Konferensi ke-7 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Utara dan Konferensi ke-1 PWI Lhokseumawe, bertempat di Sekretariat PWI Aceh Utara – Lhokseumawe di Jalan PWI Mon Geudong Kota Lhokseumawe, Kamis, 2 Februari 2023.

Dalam arahannya yang disampaikan oleh Sekdakab Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, Pj Bupati mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Konferensi ke-7 PWI Aceh Utara dan Konferensi ke-1 PWI Lhokseumawe. “Bagi PWI Aceh Utara yang melaksanakan konferensi ke-7 mungkin sudah cukup dewasa dalam berorganisasi, sebaliknya bagi PWI Lhokseumawe yang akan lahir nanti mungkin masih menjadi bayi yang akan membutuhkan banyak perhatian dan kepedulian. Semoga kedua organisasi ini nantinya dapat bersinergi dengan para pihak, khususnya dengan pemerintah daerah setempat,” ungkap Murtala.

Begitu juga dengan adanya kepengurusan PWI yang khusus membawahi Kabupaten Aceh Utara, lanjutnya, maka harapan kami agar lebih berkonsentrasi terhadap Aceh Utara. “Kita tidak bisa menafikan tentang kontribusi wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI, bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Aceh Utara selama ini,” kata Murtala.

Ke depan, kami ingin PWI terus berkontribusi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam menggerakkan pembangunan di Kabupaten Aceh Utara. “Satu lagi, ini yang penting, harapan kami ke depan hendaknya wartawan, khususnya yang bergabung dalam PWI Aceh Utara, agar terus meningkatkan profesionalitas dalam bertugas.”

Sekda Dr A Murtala mengharapkan wartawan agar profesional dan dapat menyahuti perkembangan teknologi. Agar bukan hanya menyampaikan berita, akan tetapi juga mampu mengolah data dan fakta agar menjadi berita yang lengkap, bukan hanya setengah-setengah, sehingga menjadi sebuah informasi yang bukan hanya aktual, tapi juga bernilai positif dan akurat serta dapat mengedukasi masyarakat.
Seremoni pembukaan kegiatan Konferensi ke-7 PWI Aceh Utara dan Konferensi ke-1 PWI Lhokseumawe turut dihadiri oleh Ketua PWI Provinsi Aceh M Nasir Nurdin, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Aceh Drs Tarmilin Usman, MM, Walikota Lhokseumawe diwakili oleh Asisten I M Maxalmina, SHI, MH, para pejabat Forkopimda Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, para Kepala SKPK Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, para pimpinan BUMN dan BUMD, pimpinan perbankan, para ketua Parpol, Ormas, OKP dan LSM, serta tokoh masyarakat.

Sekda Dr A Murtala lebih jauh mengatakan selama ini media pers di Aceh Utara telah berperan sangat penting dalam melakukan pemantauan, serta melakukan kontrol sosial atas proses pembangunan. Dengan adanya Konferensi ke-7 PWI Aceh Utara dan Konferensi ke-1 PWI Kota Lhokseumawe, kita berharap ke depannya PWI lebih bersinergi dan terus menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah Daerah, dengan terus menjunjung tinggi profesionalitas dalam hal pemberitaan demi membangun Kabupaten Aceh Utara.

Kehidupan pers yang sehat sangat penting bagi rakyat Kabupaten Aceh Utara. Dengan kehidupan pers yang sehat, fungsi edukasi bagi masyarakat akan turut mencerdaskan bangsa. Maka, fungsi pers sebagai kontrol sosial pun akan terasa manfaatnya bagi masyarakat, pemerintah, bangsa dan negara. Dalam kerangka pemikiran seperti itu, kritik melalui produk pers tentu akan sangat bermanfaat.

Ketua PWI Provinsi Aceh M Nasir Nurdin dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan konferensi kali ini merupakan momen sangat penting bagi rekan-rekan PWI Aceh Utara – Kota Lhokseumawe. Di mana dengan terlaksananya Konferensi ke-7 PWI Aceh Utara dan Konferensi ke-1 PWI Lhokseumawe, berarti nantinya wartawan-wartawan di sini akan terbentuk dalam dua kepengurusan PWI.

Begitupun, lanjut Nasir, kita harapkan kedua PWI ini tetap solid berada dalam wadah besar PWI Aceh, dan dapat terus berkontribusi bagi penyebaran informasi serta bersinergi dengan pemerintah daerah masing-masing.

Ketua Panitia Konferensi PWI Aceh Utara – Kota Lhokseumawe Mukhlis Gurdhum pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Aceh Utara dan Pemko Lhokseumawe yang telah berkontribusi banyak dalam menyukseskan kegiatan konferensi PWI tahun 2023 ini.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh donatur, baik instansi pemerintah maupun swasta, juga secara personal, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung sukses,” ungkap Mukhlis.

Konferensi ke-7 PWI Aceh Utara dan Konferensi ke-1 PWI Lhokseumawe direncanakan berlangsung satu hari penuh, dengan agenda mendengarkan LPJ kepengurusan sebelumnya yang diketuai oleh Sayuti Achmad. Selanjutnya akan dilaksanakan pemilihan Ketua dan pengurus baru untuk masa kepengurusan tahun 2023 – 2026.(ADV)

 

Related posts

RSU Cut Meutia Perkuat Pelayanan Kesehatan Ortopedi dengan Dokter Lulusan Luar Negeri

Redaksi

BPM-PPKB Segera Bentuk DASHAT di 72 Gampong di Aceh Utara

Redaksi

Pj Bupati Mahyuzar Buka Kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Redaksi

Leave a Comment