Lingkar Pos
Daerah

Perkara Iman Dibahas Sambil Ngopi, Jol Pasee Sumbang Lagu

Lhokseumawe – Spesial Program Kegiatan Syiar agama bertajuk Ngopi (Ngobrol Perkara Iman), Dakwah Road To Cafe pekan ke 9 digelar oleh komunitas Anak Partey Production setiap seminggu sekali di hari dan cafe yang berbeda-beda di seputaran kota lhokseumawe 

Program Ngopi kali termasuk malam yang tidak kalah spesial, dimana menghadirkan pemateri Tgk.Zarkasyi, SHI, MHI, selaku Ketua Tastafi Lhokseumawe sekaligus beliau juga Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Lhokseumawe dan juga Kepala pusat keislaman dan adat aceh LPPM Unimal.

Ngopi kali ke 9 ini dengan Tema “Kontribusi Budaya Dalam Kemajuan Islam”. Acara digelar di Griya Kupi Desa Blang Pulo kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe selaku support space ngopi dengan owner Griya Kupi H. Zarkasyi Aziz. Sabtu, 17 Desember 2022

Host Ngopi Tgk Muzakir Walad ianya juga Keuchik Kuta blang Lhokseumawe dan ianya juga termasuk salah satu inisiator kegiatan. Inisiator lainya yaitu Dr.Damanhur Abbas Lc, MA, dari ikatan alumni timur tengah IKAT Dan beliau juga Dosen di Universitas Malikussaleh. Damanhur Abbar menyampaikan informasi yang insya Allah program ngopi kedepanya sekitar tanggal 28 desember 2022 akan menghadirkan Salah satu Ulama Aceh Doktor Aqidah dan filsafat Al-Azhar Mesir Ust. Dr.Amri Fatmi, Lc, MA saat ini sedang dalam kegiatan safari dakwah sejabodetabek di jakarta 18 sampai dengan 22 Desember 2022.

Acara semakin berwarna, Ngopi ikut dimeriahkan oleh alunan merdu suara Seniman Lhokseumawe Joel Pase, dengan persembahan sebuah Lagu Religi judul Persatuan, Joel Pase juga merupakan unsur mewakili Pemerintah Kota Lhokseumawe yang ianya juga Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe.

Tampak juga berhadir Tamu dan Undangan dalam acara Ngopi dimana didominasi oleh mahasiswa, rekan-rekan GPS dan SMS yang ikut meliput siaran langsung kegiatan ngopi.

Acara Ngopi ini disupport Oleh IKAT (Ikatan Alumni Timur Tengah), Himpunan Ulama Dayah Lhokseumawe (Huda), GPS (Gerakan Pemuda Subuh), SMS (Syi’ar Muhibbah Subuh) Al-mahsyad Kota Lhokseumawe, GSM (Gerakan Subuh Mesjid) Kodim 0103 Aut, Tastafi Lhokseumawe (Tashauf Tauhid dan Fiqih), (Pemko Lhokseumawe, Kodim 0103 Aceh Utara, Polres Lhokseumawe, juga Bank BSI Area Lhokseumawe, Bank Indonesia, Bank Aceh, PLN Area Lhokseumawe, IKASMANSA Ikatan Alumni Smansa Lhokseumawe, Masta Komputer, Vertical Gaphic Official Design Branding Concept juga Discover Aceh dan puluhan media partner cetak dan online yang ikut mendukung kegiatan.

Acara digelar Selepas Isya, pukul 20.30 WIB sampai selesai hingga tengah malam, ditengah semaraknya Final Piala Dunia 2022 namun kegiatan dakwah ngopi tetap digelar. suasana Griya Kupi nampak sangat ramai, tampak juga berhadir tamu dan undangan dari semua kalangan, tak hanya anak muda, anak kecil, ibu-ibu sampai orang tua pun hadir disana menikmati berjalanya Diskusi Dakwah sambil menikmati pesanan, Santai sambil mengais berkah.

Dalam dakwah Ngopi, Tgk.Zarkasyi, SHI, MHI  menyampaikan petuah,

“Dalam konteks agama, budaya sangat penting dalam Islam, orang shalat memakai kain sarung dan jubah merupakan budaya yg tidak bertentangan dengan syariat islam dan tidak perlu dipertentangkan selama itu masih menutup aurat”, terangnya Tgk.Zarkasyi.

Budaya orang Aceh yang sudah kental dengan ngobrol di warung kopi itu untuk sekarang harus dibumbui sambil membahas perkara iman, Kebudayaan Islam bukan orang islam yg membuatnya tapi kebudayaan yg sesuai dengan syariat

“Orang tua menjadi agen kontrol utama dalam mempengaruhi budaya bagi anaknya.

Mahasiswa yang ada lingkungan kita itu menjadi tanggung jawab kita bersama supaya mereka terselamatkan dari maksiat”, petuah menutup program Ngopi. (*) 

Related posts

Pj Bupati Aceh Utara Tinjau Langsung Rumah Tak Layak Huni di Kecamatan Sawang

admin

Pj Bupati Aceh Utara Sambangi Asrama IPAU di Banda Aceh

Redaksi

PT PIM Gelar Khitan Massal Untuk Anak Lingkungan Perusahaan

Redaksi

Leave a Comment