Lingkar Pos
Kesehatan

POSBINDU sebagai pelayanan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Meunasah Mesjid Cunda

Foto: Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM (Penyakit Tidak Menular) Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan khususnya masyarakat yang berumur 15 tahun keatas di Mushalla Dusun Keurani Uma Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, Selasa, 2 Juli 2024.

LHOKSEUMAWE | Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM (Penyakit Tidak Menular) Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan khususnya masyarakat yang berumur 15 tahun keatas di Mushalla Dusun Keurani Uma Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, Selasa, 2 Juli 2024.

“Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM” ungkap Aisyah hardhika selaku kader Posbindu.

Pantauan pewarta tampak animo dan antusias masyarakat dalam menghadiri dan menerima layanan masyarakat dari posbindu sangat tinggi. Pelayanan kesehatan yang langsung ditangani oleh Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Muara Dua dan dibantu oleh 3 kader Posbindu. Pelayanan kesehatan terdiri dari pengecekan berat badan, tinggi badan, tensi darah, selanjutnya pendeteksi penyakit tekanan kolesterol, asam urat dan tekanan gula. Jika masyarakat perlu tindak lanjut medis maka pihak posbindu akan menyarankan untuk segera berobat ke Puskesmas Muara Dua yang terletak di Gampong Meunasah Mesjid juga.

Ketua Tuha Peut Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua, Sazali, M.Kom.I ditemui di lokasi pelayanan Posbindu mengatakan bahwa POSBINDU-PTM merupakan salah satu pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang sangat bermanfaat karena dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal sehingga mudah bagi masyarakat untuk melakukan kontrol kesehatan dengan melakukan deteksi dini terhadap faktor penyebab Penyakit Tidak Menular.

“Kita sangat mendukung Posbindu ini dan kedepan dalam penganggaran APBGampong akan kita prioritaskan penambahan peralatan dan makanan sehat bagi masyarakat lanjut usia serta kita harapkan terus ditingkatkan pelayanan oleh para kader posbindu dan tenaga kesehatan dari puskesmas Muara Dua kepada masyarakat di Gampong Meunasah Mesjid” tutup sazali.

Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM (Penyakit Tidak Menular) Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah Gampong Meunasah Mesjid dibawah pembinaan Ibu Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga PKK Gampong Meunasah Mesjid.[]

Related posts

PT PIM Gelar Khitan Massal Untuk Anak Lingkungan Perusahaan

Redaksi

Menghadapi Musim Hujan, Pj Walikota Lhokseumawe Serukan Ini ke Jajaranya

Redaksi

A Hanan Luncurkan Kick Off Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Redaksi

Leave a Comment