Lingkar Pos
Nasional

Bersama Pejabat Polda, Pj Bupati Aceh Utara Pantau Persiapan Final Desk Pemilu

Foto: Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, bersama pejabat kepolisian dari Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memantau persiapan final Tim Desk Pemilu 2024 Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Selasa, 13 Februari 2024.

Lhoksukon | lingkarpos.com – Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, bersama pejabat kepolisian dari Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memantau persiapan final Tim Desk Pemilu 2024 Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Selasa, 13 Februari 2024.

Rombongan pejabat dari Polda Aceh dipimpin oleh Kombes Pol Shobarmen, SIK, MH, yang merupakan Direktur Dit Narkoba Polda Aceh. Kehadirannya di Aceh Utara dalam rangka pemantauan keamanan Pemilu di daerah ini. Shobarmen dan tim Polda Aceh turut didampingi oleh Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera, SIK, dan sejumlah pejabat Polres lainnya.

Juga turut hadir Pj Sekda Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, pejabat dari Kejaksaan Negeri Aceh Utara, dari Kodim 0103/Aceh Utara, Asisten III Setdakab Aceh Utara Fauzan, SSos, MAP, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs Saiful Basri, MAP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Safrizal, SSTP, MAP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamaluddin, MPd, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Ruangan Tim Desk Pemilu 2024 Aceh Utara berada di Lantai III sayap kiri Kantor Bupati Aceh Utara di Landing Kecamatan Lhoksukon. Dalam pemantauan oleh Pj Bupati Mahyuzar dan pejabat Polda Aceh turut dilakukan sosialisasi dan simulasi teknis pelaporan serta penginputan data terkait dengan pelaksanaan Pemilu, khususnya yang akan terjadi pada hari H pemungutan suara, yakni 14 Februari 2024.

Petugas Tim Desk turut memaparkan tentang cara mengoperasikan aplikasi yang akan memuat data-data tentang hasil Pemilu di wilayah Aceh Utara. Data-data tersebut didasarkan pada jumlah kontestan peserta Pemilu 2024, baik calon Presiden/Wakil Presiden, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), calon anggota DPR RI, DPRA, DPRK, jumlah partai, jumlah Caleg atau DCT (daftar calon tetap) di setiap Dapil, jumlah pemilih yang tercantum dalam DPT (daftar pemilih tetap), maupun jumlah TPS (tempat pemungutan suara). Semua data dasar tersebut sudah termaktub dalam database aplikasi pada Tim Desk Pemilu Aceh Utara.

Aplikasi juga akan memuat tentang laporan situasi dan kondisi kekinian di setiap wilayah kecamatan atau di lapangan, terutama tentang situasi Kamtibmas. Dengan demikian dapat segera ditindaklanjuti dan dicarikan solusinya oleh para pihak.

Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, mengatakan Tim Desk Pemilu akan dapat memantau hasil Pemilu secara online, baik hasil pemungutan suara untuk pemilihan Presiden/Wakil Presiden maupun pemilihan anggota Legislatif. Selain itu, juga dapat menerima berbagai laporan dari para Camat terkait masalah Pemilu. “Di sini kita hanya bisa memantau, namun hasilnya yang resmi tetap kita terima dari pihak KIP,” jelasnya.

Lebih jauh Mahyuzar menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan pelaksanaan Pemilu, khususnya tahapan menjelang pemungutan suara di wilayah Aceh Utara. Pihaknya juga mengapresiasi kinerja seluruh stakeholder pelaksana Pemilu, baik dari jajaran Komisi Independen Pemilihan (KIP), jajaran Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), mulai dari level Kabupaten hingga tingkat Gampong.

“Kita sangat mengharapkan situasi dan kondisi ini terus terjaga, suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat sangat penting dan perlu kita jaga bersama, sehingga masyarakat dapat memberikan hak suaranya dengan datang ke TPS dalam suasana yang nyaman,” ungkap Mahyuzar.

Mahyuzar mengajak seluruh lapisan masyarakat Aceh Utara yang telah memiliki hak pilih agar datang ke TPS pada hari H pemungutan suara, 14 Februari 2024. Menggunakan hak pilih atau memberikan suaranya pada hari H adalah sangat penting dan sangat menentukan nasib daerah dan Bangsa ini ke depan. “Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Aceh Utara untuk menggunakan hak pilih mereka dengan baik, gunakan hati nurani, silakan pilih yang terbaik menurut pertimbangan hati masing-masing,” ajak Mahyuzar. []

Related posts

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Diskusi Kelompok Terpumpun libatkan Aparatur Desa

Redaksi

Pj. Bupati Aceh Jaya Tekankan Pentingnya Sinergi dan Koordinasi Mensukseskan Pemilu 2024

Redaksi

Bebas Dari Otoritas Thailand, Gubernur Aceh Bantu Dua ABK Pulang Ke Aceh

Redaksi

Leave a Comment