Lingkar Pos
NewsPendidikan

PKBM Harapan Milenial Ajak Masyarakat Tangkal Hoax di Media Sosial

Foto: Ratusan peserta menghadiri seminar yang dilaksanakan PKBM Harapan Milenial.

Lhoksukon | lingkarpos.com – Dalam rangka mewujudkan partisipasi masyarakat dalam mendukung tercapainya kesuksesan dan kedamaian Pemilu 2024, Komunitas Literasi Digital PKBM Harapan Milenial Kabupaten Aceh Utara menggelar Seminar Literasi Digital.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung SKB Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (27/1/24) itu mengusung tema “Pemilu Damai Tanpa Hoaks”. Ratusan peserta seminar hadir, baik dari Kalangan Pemuda, Mahasiswa, Santri, Aparatur Desa, Orang Tua dari Siswa PKBM Harapan Milenial dan Masyarakat umum di Aceh Utara.

Ketua Komunitas Literasi Digital PKBM Harapan Milenial, Faisal, A.MK dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan partisipasi masyarakat untuk mendukung tercapainya kesuksesan dan kedamaian Pemilu 2024. Para peserta juga diharapkan dapat mengenal lebih jauh terkait literasi digital, terutama dalam hal menggunakan media sosial.

Foto: Backdrop Kegiatan

“Kesempatan ini, kita juga akan mengenal lebih jauh terkait literasi digital utamanya tentang menyongsong Pemilu 2024. Mari kita ikuti dengan baik sehingga kita lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial, Budayakan saring sebelum sharing, jangan terburu-buru untuk membagikan sebuah berita jika belum tentu kebenarannya dan tidak memberikan manfaat, ujar Faisal.

Kepala Sekolah PKBM Harapan Milenial, Sarjani, ST dalam paparannya lewat literasi digital diharapkan semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks.

“Melalui literasi digital diharapkan masyarakat bisa memahami digital safety dan meningkat keterampilan digitalnya. Dengan begitu, masyarakat bisa membuat konten-konten positif untuk menanggulangi hoaks, judi online, ujaran kebencian menjelang Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan 14 Februari 2024,” jelas Sarjani

PKBM Harapan Milenial telah menyiapkan empat materi literasi digital meliputi Keterampilan Digital, Budaya Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital. Sarjani berharap wawasan terkait literasi digital yang hari ini diterima para peserta dapat disebarluaskan ke lingkungan keluarga maupun pertemanan. Sehingga semua bisa tahu bagaimana sebaiknya memanfaatkan ruang-ruang digital itu menjadi lebih baik dan lebih produktif,” ujarnya.

Sarjani juga menjelaskan bahwa lewat Seminar literasi digital, masyarakat akan dapat lebih paham memanfaatkan teknologi dan ruang digital sesuai dengan perundangan yang berlaku. ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan ruang digital menjadi ruang yang lebih bersih, lebih baik dan bahkan lebih produktif,” Tutupnya.

Beberapa narasumber yang dihadirkan adalah Zulkifli, ST (Pegiat Media Sosial), Jafriadi, S.Pd (Pemerhati Sosial/Wakil Ketua Karang Taruna Aceh Utara) Sarjani, ST (Kepala Sekolah PKBM Harapan Milenial) Mira Sulfiana, ST (Keynote Speaker; Tokoh Perempuan Aceh Utara) dan dipandu oleh Ricky Maulana, ST (Moderator). []

Related posts

Kapolres Lhokseumawe Pantau Langsung Vaksinasi Serentak di Desa Blang Cut

admin

Pemkab Aceh Utara Ucapkan Selamat Atas Keberhasilan Nurul Akmal, Peraih Mendali Perak SEA Games Vietnam

admin

ODOL ditertibkan di wilayah Polres Lhokseumawe

admin

Leave a Comment