Lingkar Pos
KesehatanNasionalNewsPemerintahanPendidikan

Pj Bupati Aceh Utara Teteskan Pencegahan Polio Pada Anak Sekolah Dasar

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, mencanangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio tingkat Kabupaten Aceh Utara di SD Negeri 7 Syamtalira Aron, Selasa, 14 Februari 2023.

Pencanangan itu ditandai dengan melakukan tetes perdana vaksin polio kepada seorang murid di sekolah tersebut. Kegiatan itu turut disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin, MPd, Kepala Dinas Kesehatan Amir Syarifuddin, SKM, para pejabat Muspika Syamtalira Aron, para Kepala Sekolah, Komite Sekolah, dan Tim Puskesmas setempat.

Dalam sambutannya Pj Bupati Azwardi, AP, MSi, antara lain menyampaikan terimakasih kepada lembaga Unicef yang terus memberikan perhatian kepada anak-anak Aceh Utara, khususnya terkait dengan bidang kesehatan. “Terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak-Bapak dan ibuk-ibu dari Dinas Kesehatan yang tidak bosan-bosan menjalani pengabdiannya untuk generasi emas kita untuk masa yang akan datang, dan terima kasih juga kepada Muspika Kecamatan Syamtalira Aron,” ungkap Azwardi.

Dikatakan, capaian Pemkab Aceh Utara dalam pelaksanaan vaksin polio pada tahap ke-II adalah 86 persen, di mana pada tahap yang lalu bisa menutupi pada tahap ini. “Kondisi hari ini kita harus memoles anak-anak kita dengan sentuhan-sentuhan yang khusus, dikarenakan anak-anak kita telah mengkonsumsi entah apa yang dimakan, maka dari itu kita harus memperhatikan generasi emas kita untuk masa yang akan datang, bermacam perubahan paradigma yang terjadi di kalangan generasi emas kita.” 

Semua elemen bisa bergerak bersama untuk menjaga generasi emas kita agar terhindar dari gizi buruk, termasuk penyakit polio, agar  terhindar dari halangan untuk menciptakan generasi emas masa yang akan datang. “Kami berharap para dewan guru, para petugas kesehatan dan para komite-komite sekolah dan seluruh komponen, agar mampu bersinergi membantu program pemerintah untuk menciptakan anak-anak kita menjadi generasi emas ke depan.”

Azwardi mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program pemerintah. “Dikarenakan Aceh Utara sangat luas dan mudah-mudahan kita bisa menjaga anak-anak kita demi terlaksananya program pemerintah.”

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin, MPd, mengatakan kasus anak dengan penyakit polio sudah ada di Kabupaten Aceh Utara, sehingga kita harus berpikir lebih agar semua siswa di daerah ini mendapatkan perlindungan maksimal dari bahaya penyakit ini.

“Kepala-kepala sekolah harus memastikan setiap anak mendapatkan tetes manis polio ini, tetes ini aman sekali. Tidak boleh ada lagi anak yang lumpuh layu akibat polio, semua siswa harus kita lindungi dengan tetes polio ini,” ujar Jamaluddin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM, mengatakan sejak sosialisasi tahap ke-II pelaksanaan vaksinasi polio sudah  meningkat 1 persen, saat ini hanya tinggal 9 persen lagi untuk tahap ke-II ini. “Saya berpesan tangani dan laksanakan dengan senyuman dan harapan kami kepada para guru-guru untuk menghadapi dengan tenang.”

Amir mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Pj Bupati Aceh Utara di mana saat kesibukannya tetap berkesempatan untuk hadir di SD Negeri 7 Syamtalira Aron dalam rangka pelaksanaan tetes polio ini.

Menurut Amir, penyakit polio ini sudah tidak ada lagi sejak 2014 di Indonesia, bahkan sudah ada sertifikat  bebas polio dari dunia. “Akan tetapi karena imunisasi rutin di Aceh tergolong rendah, akhirnya ditemukan di tempat kita. Kejadian yang menimpa Aceh terkait kasus polio dipantau secara langsung oleh Badan Dunia seperti Unicef dan WHO,” ungkapnya. (*)

Related posts

Pirak Tour Terima Penghargaan dari Dandim 0103/Aut, Letkol Inf Hendra Sari Nurhono di Hari Pahlawan

admin

Kapolda DIY jadi Pemateri Dialog Publik Integrasi Anak Bangsa

Redaksi

Pengurus MPD Aceh Utara Dilantik dan Disumpah

Redaksi

Leave a Comment