Fraksi Gerakan Keadilan Desak Pj Bupati Aceh Utara Peduli Situs Sejarah Cut Meutia

Foto: Kondisi rusak pada atap pada cagar budaya nasional rumnah cut meutia

LHOKSUKON | Fraksi Gerakan Keadilan mendesak kepada Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar Untuk peduli terhadap situs Cagar Budaya Nasional Rumah Cut Meutia yang berada di Gampong Mesjid Pirak Kecamatan Matangkuli.

Hal tersebut dibacakan oleh H. Anwar Risyen selaku ketua Fraksi yang disampaikan pada Rapat Paripurna ke 11 Masa Persidangan II DPRK Aceh Utara Tahun 2024 di Landing, Jum’at sore (23/8/2024).

“Mohon Pak Pj Bupati Untuk di anggaran dikarenakan atap rumah sudah mulai bocor, kalau memang tidak direhab satu atau dua tahun kedepan tidak ada lagi situs budaya tersebut” kata Ketua Fraksi Gerakan Keadilan yang juga Ketua Partai Gerindra Aceh Utara, H Anwar Risyen yang sering disapa H wan.

Foto: Kondisi Kroeng dari mulai lantai hingga atap sudah rusak

H wan yang dijumpai secara terpisah mengatakan dalam menyampaikan pendapat fraksi hanya fokus yang disampaikan adalah perhatian tertuju kepada situs sejarah dikarenakan situs tersebut merupakan cikal bakal sejarah yang akan kita ceritakan kepada anak-anak kita.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan” ujarnya

“objek ini menjadi tempat belajar anak-anak kita untuk mengetahui sejarah puluhan tahun silam perjuangan seorang wanita tangguh yang mempertahankan aceh dari pada penjajahan”

“Kita berharap ditahun 2025 untuk segera diperbaiki karena pada saat ini kebutuhan renovasi sangat mendesak, disaat hujan air hujan masuk sehingga akan merusak arsitektur yang ada dan barang-barang peninggalan dahulu” harapnya

Untuk diketahui situs cagar Budaya Cut Meutia saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dimana atap rumah Cut mutia mulai berlubang diakibatkan tiupan angin beberapa bulan yang lalu sehingga dari atap rumah, dan Penyimpanan padi (kroeng) sudah mulai hancur dimakan usia.[]

Related posts

Kisah Aby Kandar, Dari Guru Honorer Menjadi Petani Melon Andalan di Bireuen

Beri Perhatian 2 Korban Penyiraman Air Baterai, Sekdako Kunjungi RSUCM

Pj Wali Kota Lhokseumawe Tinjau RS Arun Berharap LMAN Hibahkan Aset