Pj Wali Kota Imran Target 0 Persen Stunting Di Lhokseumawe

Foto:

Lhokseumawe Lingkarpos.com – Pj Wali Kota Lhokseumawe Targetkan penurunan angka Stunting di Kota Lhokseumawe 0 Persen pada tahun 2023. Pencapaian yang dilakukan dengan cara melakukanGerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting dan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Selasa, 04/07/2023

Pj Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd bersama Ketua TP PKK Rosnelly, SKM secara rutin dan konsisten kunjungi 6 anak asuh yang menderita stunting, Selasa, 04/07/2023.

Dalam kunjungannya yang keempat ini Imran mengaku optimis akan hapuskan angka stunting di Kota Lhokseumawe. Bukan tanpa alasan, hal ini dikatakan Imran setelah melihat langsung perkembangan pada anak asuh stunting tersebut.

“Anak asuh stunting yang dalam binaan saya ada 6 anak, dua anak dari Kecamatan Muara Satu dan empat anak lainnya dari Kecamatan Muara Dua” kata Pj Wali Kota.

”Saya sendiri terkejut senang melihat beberapa anak menunjukkan perubahan positif, berat badan kembali normal dan wajah kembali cerah” sambungnya Imran.

Selain pendampingan dan pemantauan langsung, dalam kunjungan ini Pj Wali Kota juga sampaikan bantuan makanan sehat bergizi.

”Kita coba pacu untuk menaikkan berat badan, dengan konsumsi rutin telur, kacang ijo, karbohidrat yang akan memacu cepat tumbuhnya anak” katanya.

Imran menuturkan beragam permasalahan dan penyebab stunting pada anak, diantaranya penanganan imunisasi masa kehamilan, bayi lahir prematur, kurang asupan gizi pasca melahirkan, dan tidak imunisasi dasar lengkap.

Melalui Dinkes, Imran menghimbau kepada puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan harus khususnya penanganan gizi dan kesehatan anak dari waktu ke waktu. Harus sudah ada perubahan dalam sistem perencanaan dan penganggaran khususnya stunting.

Sesuai target Presiden Jokowi yaitu 14%, tapi saya optimis mencanangkan nol (0%) dari jumlah 920 anak stunting, Pj Wali Kota berharap dengan keterlibatan dan kerjasama seluruh stakeholder, maka stunting di Kota Lhokseumawe akan tuntas seluruhnya. (*)

Related posts

Kisah Aby Kandar, Dari Guru Honorer Menjadi Petani Melon Andalan di Bireuen

Pj Wali Kota Lhokseumawe Tinjau RS Arun Berharap LMAN Hibahkan Aset

Pj. Bupati Aceh Jaya dan Pj. Ketua TP PKK Aceh Jaya Sambut Kedatangan Pj. Ketua TP PKK Aceh di Gampong Sango