Barista Bersertifikasi BNSP Binaan PT PIM Mulai Dilirik Pengusaha

Lhokseumawe – Istilah Barista di Aceh dikenal dengan peracik kopi berbasis espresso yang bekerja Di cafe cafe secara khusus berbeda dengan yang lain dengan upah yang menjanjikan.

Untuk menjadi seorang barista, Anda harus belajar bagaimana membuat berbagai jenis minuman kopi. Anda mungkin juga perlu sedikit skill artistik.

Salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan, dan usaha-usaha positif, PT PIM melalui program pelatihan keahlian melalui program Youth Entrepreneur Ship (YES) salah satunya bidang Barista.

Wujud kepedulian PT Pupuk Iskandar Muda dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial terhadap masyarakat Lingkungan terutama masyarakat usia produktif, berbagai usaha dilakukan oleh PT PIM melalui unit TJSL nya

Salah satu peserta binaan PT PIM, Hasan Basri berkolaborasi dengan pengusaha muda Lhokseumawe mengelola Coffee Shop dikota lhokseumawe dan dilakukan grand opening sabtu (12/3/2022).

“Rekan kita bung Hasan Basri, dari sejak pelatihan sudah diminati dan diminta oleh beberapa pengusaha kita dilhokseumawe, dan akhirnya rekan kita ini memilih menjadi pengelola Barista di Coffee Shop Hungry Pedia”ucap AVP PKBL Jufri.

Assiatant Vice President PKBL Jufri ,Suatu kebanggaan bagi kami tim TJSL PT PIM saat apa yang di targetkan dalam setiap pelaksanaan program bagi anak-anak muda binaan tercapai.

“Alhamdulillah hari ini salah satu Barista terbaik jebolan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Banda Aceh yang bersetifikat Nasional  BNSP kerjasama dengan TJSL PT PIM dipercayakan mengelola Barista di Coffee Shop Hungrypedia Kota Lhokseumawe”ucapnya

“kedepan target kita semua lulusan pelatihan mendapat tempat mengaplikasikan keahlian yang sudah dimiliki, baik di wirausaha mandiri maupun mengelola coffee shop dengan standar gaji lulusan Barista yang bersetifikat nasional BNSP, “.harapnya

Apa itu Barista??
istilah barista adalah kata dalam bahasa Italia yang berarti “bartender”. Di Italia, barista menyajikan segala jenis minuman, tidak hanya terbatas pada kopi saja. Namun, di Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya, istilah “barista” umumnya hanya digunakan terbatas untuk mereka yang menyajikan minuman khusus kopi.

Umumnya, barista yang bekerja di kedai kopi atau kafe yang mengoperasikan mesin espresso komersial (bukan mesin espresso rumahan). Meskipun pekerjaan mereka mungkin terdengar sederhana, mesin espresso komersial memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Beberapa di antaranya manual dan membutuhkan keterampilan, pelatihan, dan kemampuan yang luar biasa untuk beradaptasi dengan nuansa setiap bets kopi, kondisi cuaca hari itu, preferensi peminum, dan faktor lainnya. Karena barista mengerjakan mesin yang lebih detail, mereka harus mempelajari langkah-langkah rumit dalam menyiapkan espresso.

Selain membuat espresso, barista juga umumnya membuat busa, buih, dan susu uap untuk campuran berbagai macam minuman berbasis espresso dan menyiapkan minuman kopi, seperti French press coffee, pour over coffee, dan drip coffee.

Adalah tugas barista untuk mengetahui perbedaan antara minuman seperti misalnya, Cortado, yang dibuat dengan bagian yang sama dari susu kukus padat dengan espresso, dan Flat White, yang merupakan bagian yang setara dengan susu dan espresso kukus dan bertekstur.

Terakhir, bagi banyak barista, layanan pelanggan adalah bagian penting dari pekerjaan mereka. Mereka menyajikan minuman yang telah mereka siapkan kepada pelanggan dan banyak orang berinteraksi langsung dengan barista.

Di kedai kopi yang lebih besar, barista mungkin bekerja di belakang layar dan tidak berinteraksi dengan pelanggan, tetapi di toko-toko yang lebih kecil barista juga bertanggungjawab terhadap servis pelanggan.

Secara umum, tidak ada persyaratan pendidikan untuk menjadi seorang barista. Namun, sebagian besar barista memiliki setidaknya ijazah sekolah menengah atas atau setara. Lebih dari sering, kedai kopi atau waralaba yang lebih besar mengharuskan Anda berusia 18 tahun dan akan memberikan pelatihan atau training kepada Anda calon barista.

Pelatihan mungkin termasuk memanggang biji, teknik pembuatan bir, mengukus susu, atau sanitasi mesin. Perusahaan yang lebih terkemuka seperti Starbucks atau Coffee Bean mungkin menawarkan pelatihan kerja yang lebih ekstensif daripada kedai kopi yang lebih kecil.

Konsistensi kualitas minuman juga sangat penting. Jika Anda ingin mempelajari teknik yang lebih mendalam, banyak program barista yang telah bermunculan karena popularitasnya, yang memungkinkan Anda untuk mempelajari segala sesuatu tentang barista sebagai karir.

Banyak perusahaan juga mencari kualitas individu yang mendengarkan dengan baik, memiliki skill komunikasi verbal, kehadiran yang baik, dan sejenisnya. Meskipun tidak diwajibkan, keterampilan layanan pelanggan juga bisa menjadi nilai tambah.

Seorang barista bekerja erat dengan pelanggan, jadi Anda harus memiliki kemampuan untuk membangun hubungan baik, memiliki kepribadian yang ramah, dan tampil secara profesional. Anda juga harus dapat memprioritaskan, memecahkan masalah, dan melakukan banyak tugas dalam lingkungan yang bergerak cepat.

Anda mungkin menghadapi pesanan yang campur aduk, masalah mesin, atau pelanggan yang tidak puas, jadi Anda harus bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan. Selain itu, multi-tasking juga penting; Anda akan bertugas menerima pesanan, menyiapkan minuman panas, menghias minuman sekaligus menyajikannya.

Related posts

Beri Perhatian 2 Korban Penyiraman Air Baterai, Sekdako Kunjungi RSUCM

Sprit Maulid Nabi Muhammad SAW, PLN UP3 Lhokseumawe Berbagi Kebahagian di HLN ke 79

Pj Gubernur Safrizal Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 25 Ruas Jalan dan Jembatan di Aceh bernilai Miliaran