Lingkar Pos
News

Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut, Disporapar Aceh Utara Lakukan Berbagai Persiapan

Foto: Pj Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar menjajal Cabor Paramotor didampingi Kepala Dinas Aceh Utara, M. Nasir, S. Sos,. M. Si di Bandara Malikussaleh

LHOKSUKON | Dinas Pemuda dan Olahraga dan pariwisata (Disporapar) Kabupaten Aceh Utara, berperan aktif dan bekerja ekstra untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh–Sumut.

Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten yang dipercayakan untuk menjadi bagian dari tuan rumah dibidang Aero Sport (Dirgantara) yakni Cabor yang dipertandingkan di Aceh Utara Paramotor dan Terbang Layang.

Dalam hal ini, Bandara Malikussaleh dipilih untuk venue pertandingan dua cabang olahraga tersebut, sebagai tempat berlomba maupun sebagai tempat latihan pagi peserta yang berasal dari berbagai daerah di tanah air.

Menariknya, Bidang Aerosport para motor juga baru pertamanya dipertandingkan dalam kancah Nasional Pekan Olahraga Nasional (PON), juga merupakan sebuah kebanggaan bagi Aceh Utara, Khususnya Aceh, yang pertama menjadi tuan rumah perlombaan Aerosport paramotor itu.

Pj Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar dalam sambutan pada pembukaan Acara pertandingan Cabor Paramotor PON XXI Aceh – Sumut Tahun 2024 di bandara Malikussaleh, pada rabu, 28/8/2024 mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen, selamat bertanding di Cabor Aerosport Paramotor.

“Cabor ini pertama kali dipertandingkan di event PON yang dilaksanakan dimulai besok di Aceh Utara” Ujarnya.

“Semoga pertandingan disamping kegiatan olahraga juga menjadi hiburan bagi masyarakat Aceh Utara dan Masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya” ungkap Mahyuzar.

Mahyuzar juga berharap agar penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut ini, akan berdampak bagi masyarakat sekitar, terutama untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Karena di sekitar venue PON paramotor maupun terbang layang disediakan stand Promosi Wisata dan Promosi Produk unggulan daerah (Expo UMKM).

Kepala Dinas Aceh Utara, M. Nasir, S. Sos,. M. Si mengatakan, Disporapar Kabupaten Aceh Utara sudah melakukan persiapan dan koordinasi sebelumnya dengan Pemerintah Aceh selaku PB PON XXI Aceh – Sumut, dengan Panitia Pelaksana Inti masing-masing Cabor dan memfasilitasi berbagai kebutuhan untuk, kelancaran dan suksesnya kegiatan PON di Aceh Utara.

“Sejauh ini kita terus bekerja, memantau setiap persiapan, semoga kegiatan ini berjalan lancar sebagai mana yang diharapkan” ujar nasir.

Kedis Disporapar, M. Nasir menyebutkan, ada 71 Atlet (data awal) yang akan berlaga pada Cabor Paramotor yang terdiri dari Putra 58 Putri 13 semuanya berasal dari 17 provinsi nyakni :
1. Riau : 5 Putra
2. Bali : 4 Putra 1 Putri
3. Jatim : 7 Putra 2 Putri
4. DKI Jakarta : 2 Putra 1 Putri
5. Sumsel : 4 Putra 1 Putri
6. Lampung : 4 Putra 1 Putri
7. Aceh : 5 Putra
8. Sumbar : 3 Putra
9. Jateng : 3 Putra 2 Putri
10. Sumut : 4 Putra 1 Putri
11. Jabar : 4 Putra 1 Putri
12. Papua Tengah : 1 Putra
13. Papua Selatan : 2 Putra
14. Kaltim : 5 Putra
15. Banten : 4 Putra 1 Putri
16. NTT : 1 Putra
17. DIY : 2 Putri.

“Atlet 71 orang ini akan melakukan registrasi kembali ke Panitia PB PON Aceh” ungkap kadisporapar Aceh Utara itu.

M. Nasir juga berpesan, Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan kegiatan kedua Cabor tersebut, dapat melalui pintu kedua Bandara Malikussaleh tepat didepan lapangan bola kaki Pasgat, untuk pengunjung juga disediakan tenda di dalam Bandara.

Turut Hadir pada pembukaan Cabor Paramotor antara lain Danrem 011 Lilawangsa (diwakili) Lhokseumawe, Danlanal Lhokseumawe, Dandim 0103 Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara, Kapolres Lhokseumawe, Dansat Radar 231 Lhokseumawe, Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Pimpinan DPRK Aceh Utara, kepala pengadilan Lhoksukon, ketua mahkamah syariah Lhoksukon, Pj. Sekda aceh utara, para staf ahli Bupati Aceh Utara.

para Asisten Sekdakab Aceh Utara, para SKPK Aceh Utara, Kadisporpar Aceh Utara, kepala Bandara Malikussaleh, kepala kemenag Aceh Utara, Kacabdin Aceh Utara, kacabdin lhokseumawe, kepala badan statistik Aceh Utara, kepala samsat Aceh Utara, Kepala Samsat Lhokseumawe, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Pimpinan Bank Aceh Lhokseumawe,.

Dirut Perumda PDAM Tirta Pase, Dirut PTT. Bina Usaha, Dirut PT. Pase Energi, Dirut PT PIM, Presiden Direktur, Field PGE, Ketua Koni Aceh Utara, Para kepala bagian dilingkungan Sekdakab Aceh Utara, para Camat di lingkungan Kabupaten Aceh Utara, Muspika Muara Batu, Geuchik Pintu Makmu, dan Geuchik Paningah Kec. Muara Batu. []

Related posts

Maroko Siap Implementasikan Program Energi Hijau dan Ekonomi Rendah Karbon

admin

Evaluasi Realisasi APBK, Pj Bupati Aceh Utara Rapimsus di Gunung Salak

Redaksi

DPD RI Diharapkan Tak Kesampingkan Keistimewaan Aceh dalam Revisi Undang-Undang Energi

admin

Leave a Comment