Lingkar Pos
OlahragaPemerintahan

Tiba di Aceh Jaya, Api PON XXI Disambut Pj Bupati, Forkopimda dan Masyarakat

Foto: Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala menyalakan kembali Api untuk diserahkan kembali kepada pelari kirab Api PON XXI di halaman Kantor Bupati Aceh Jaya, 27/8/2024

ACEH JAYA | Penjabat Bupati Aceh Jaya A Murtala, bersama Forkopimda serta masyarakat setempat, menyambut Api PON XXI yang dibawa oleh atlet legendaris Aceh Jaya Marwan Is, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Aceh Jaya, Selasa (27/8/2024).

Untuk diketahui bersama, Marwan Is adalah atlet peraih Medali Emas cabang olahraga Tarung Derajat pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) yang berlangsung di Pidie pada Desember 2022 lalu. Tak sendirian, Marwan turut didampingi oleh Agus Sahputra atlet Muay Thai dan Aulia Syakila Atlet Taekwondo serta diiringi oleh Tim Pelari Kirab Api PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Pada prosesi upacara, Pj Bupati Aceh Jaya bertindak sebagai Inspektur Upacara Penyambutan Kirab Api PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Sementara itu Bunga Rampai PON dibacakan oleh Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Aceh Jaya Muslim HS.

Sebagaimana diketahui, pagi tadi rangkaian Kirab Api PON XXI dimulai. Memanfaatkan sumber api abadi Gunung Jaboi di Pulau Weh Sabang, dan dilepas secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Sabang Andri Nourman, di Tugu Sabang-Merauke.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Akkar Arafat menjelaskan, Kirab Api Pon XXI merupakan salah satu tradisi yang menjadi penanda dimulainya gelaran event empat tahunan tersebut.

“Dengan dimulainya Kirab Api PON XXI, maka menjadi penanda dimulainya rangkaian kegiatan PON XXI. Ini merupakan perlambang kesiapan kita menyambut kontingen PON XXI se-Nusantara dengan hangat dan semangat untuk bertanding dengan sportif,” ujar Akkar.

Karo Adpim menambahkan, setelah penyambutan di Aceh Jaya, Api PON akan dibawa Tim Kirab ke Kota Meulaboh dan diinapkan di Pendopo Bupati Aceh Barat.

“Untuk menggelorakan semangat PON serta menyukseskan PON, kami mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk turut mendukung dan menyemarakkan gelaran PON XXI,” imbau Akkar.

Di Aceh Jaya, tim Kirab Api PON XXI disambut antusias oleh masyarakat, para murid dari berbagai jenjang pendidikan serta diiringi oleh marching band. []

Related posts

Kapolda Aceh Sambut Kedatangan Tim Komisi III DPR RI

Redaksi

Sah,DPR Aceh dan Pj Gubernur Aceh Sepakati Perubahan KUA-PPAS 2024

Redaksi

Pj Gubernur Buka Popda XVII di Idi Aceh Timur

Redaksi

Leave a Comment